Halo para Akiba-kei dan Akiba-chan. 17an Kemerdekaan Indonesia sudah lewat, dan kita sudah mau memasuki pertengahan akhir bulan Agustus. Cepat juga ya rasanya. Tapi tak perlu sedih, terutama untuk fans Gundam, karena diakhir bulan Agustus ini nanti akan ada dua tontonan keren soal Gundam. Akan dirilis full length streaming untuk anime Gundam Build Fighters Try Island Wars. Dan juga diadakannya acara Gundam VR: Daiba Assault.

Island Wars

Pertama kita lihat detail untuk episode spesial dari seri Gundam Build Fighters Try, Island Wars. Episode spesial ini menceritakan tim Try Fighters yang diundang oleh Yajima Trading untuk mengetes sistem battle baru di Nielsen Lab disebuah pulau. Tapi sistem tersebut mengalami bug, dan mereka bertemu dengan Shia, Minato, dan Gyanko, yang juga diundang untuk mengetes sistem itu. Muncul sebuah misteri, dan tim Try Fighters akan menghadapi tantangan terbesar mereka.

Website Gundam Info baru-baru ini memberikan pengumuman kalau dalam waktu terbatas, mereka akan merilis episode full dari episode Island Wars secara gratis melalui streaming dan dengan sub inggris. Streaming ini akan dimulai dari tanggal 21 Agustus, tapi tidak dibilang akhirnya sampai kapan. Wah hari minggu tuh. Jadi teringat masa lalu saat anime Gundam Wing tayang tiap minggu pagi ni hehehe.

Daiba Assault

Kemudian adalah kabar mengenai Gundam VR: Daiba Assault, yang akan diadakan dari tanggal 26 Agustus sampai 10 Oktober. Kalau yang ini lebih sulit ditonton sih, karena acaranya diadakan di Jepang. Tepatnya adalah dalam VR Zone: I Can experience center. Beberapa bulan yang lalu Bandai Namco membuka tempat ini untuk mengetes berbagai teknologi Virtual Reality mereka. Salah satunya adalah VR untuk simulasi pilot Mecha. Wah, jadi sekarang kita benar-benar bisa naik Gundam ya?!

Yaa kalau dibilang naik sih tidak salah juga. Gundam VR: Daiba Assault ini memang memakai teknologi Virtual Reality, dan memang penonton juga akan menyaksikan pertempuran antara Gundam RX-78 melawan Zaku. Tapi kita tidak menjadi pilot Gundam ataupun Zaku tersebut. Penonton adalah orang sipil yang menyaksikan pertempuran itu. Mereka juga akan duduk dan dibawa naik tangan Gundam selagi Gundam itu bertempur dengan Zaku. Mereka akan dapat merasakan getaran dan ledakan yang terjadi dalam pertempuran tersebut. VR ini akan berdurasi 8 menit, dengan harga masuk 1000 Yen.

Bagaimana untuk Akiba-kei dan Akiba-chan yang fans Gundam?
Kalau yang di Indonesia sih bisa menikmati Build Fighters Try Island Wars 😉
Tapi kalau mau menyaksikan VR Daiba Assault bakal sulit ya 🙁