Kerjasama antara dua nama untuk promosi bukanlah hal yang baru, apalagi di Jepang yang kadang melakukannya dengan game atau animanga. Seperti Yoshinoya yang kerjasama dengan movie live-action Gintama tahun 2017 lalu, atau baru-baru ini antara prefektur Saga dengan karakter Sagat dari game Street Fighter. Ada kabar lagi soal kerjasama macam itu, dimana Sake Jepang ini jadi populer di China karena animanga Slam Dunk.

Sake Jepang itu adalah sake dari brand Mii no Kotobuki. Sesuai namanya, brand tersebut berasal dari distrik Mii, yang berada di Prefektur Fukuoka. Dan sejak bulan Juni lalu, sake tersebut mulai dieksport ke berbagai kota di China, dan penjualannya laris manisss.

Dikatakan kalau sampai bulan September, empat bulan setelahnya, lebih dari 10.000 botol telah terjual habis. Saking populernya, sampai bentuk botol berukuran 720 milliliter terjual seharga 6.000 sampai 10.000 Yen. Bagaimana bisa begitu?

Karena Mii no Kotobuki menjual sake mereka dalam bentuk homage kepada seri Slam Dunk. Yaitu dengan membuat label botol sakenya dengan background merah dan tulisan dalam warna hitam.

Itu merupakan warna tim protagonis Slam Dunk, Tim basket SMA Shohoku. Bertuliskan angka 14 untuk menandakan nilai meteran sake sebesar +14, yang berarti memiliki rasa yang kering.

Dan dengan betapa terkenalnya seri Slam Dunk, tak hanya di Jepang tapi juga di beberapa negara Asia lain diluar Jepang termasuk di Indonesia ini, kepopuleran sake itu jadi bisa dijelaskan. Mirip seperti bagaimana seri itu sendiri mempopulerkan olahraga Basket di Asia. Tapi homage tersebut ada trivia keren lagi dibaliknya.

Ternyata, sake Mii no Kotobuki itu sendiri menjadi inspirasi bagi sang mangaka Slam Dunk, Inoue Takehiko, untuk memberi nama dari salah satu karakter utamanya. Yang dilakukannya karena Inoue sensei sendiri juga menyukai sake itu.

Siapakah itu? Bisa dicek dari kanji tulisan Sake tersebut. Kanji Mi dapat ditulis Mitsu, dan kanji Kotobuki dapat dibaca menjadi Hisashi. Keduanya, menjadi nama karakter three pointer dari tim Shohoku, Mitsui Hisashi!

Sedikit trivia tambahan, angka 14 juga merupakan nomor jersey dari Mitsui. Dan lagi, direktur manager dari Mii no Kotobuki yang memulai homage tersebut setelah mengetahui asal nama Mitsui, kebetulan bernama Inoue Tadatsugu, tak ada relasi tapi memiliki nama keluarga yang sama dengan sang mangaka Slam Dunk. Rasanya homage tersebut bagaikan takdir 😀

https://www.youtube.com/watch?v=XgxazZQr1rQ