Sadari atau tidak, banyak Vocaloid yang mulai terlupakan oleh penggemarnya. Popularitas musik Vocaloid akhir-akhir ini juga terlihat mulai menurun. Banyak Vocaloid yang terlupakan oleh sebagian besar penggemarnya. Persaingan yang sangat ketat membuat musik ini agak sulit berkembang. Sudah ribuan, ratus ribu bahkan mungkin jutaan lagu yang telah diciptakan menggunakan voice synthesis ini, tapi untuk mencapai target pendengar pun begitu berat karena saking terlalu banyaknya. Belum lagi menjamurnya para produser Vocaloid yang begitu mainstream dengan julukan –P di belakang nama mereka, tentu semakin menjenuhkan para fans Vocaloid saat ini.

Kendala tersebut tidak hanya ditemui oleh lagu maupun produsernya, tetapi juga terlalu banyaknya voicebank yang tersedia juga ikut menambah permasalahan ini. Semakin banyak Vocaloid baru bermunculan justru banyak disesali oleh para penggemar. Mereka beranggapan bahwa lebih baik Vocaloid terdahulu saja yang diperbaharui kualitasnya daripada hanya merilis produk baru namun kurang ‘identitas’. Karena itu, berikut 10 Vocaloid yang mulai terlupakan yang sudah saya rangkum, diantaranya:

1) Gachapoid

Gachapoid termasuk dalam daftar 10 Vocaloid yang mulai terlupakan. Banyak yang menduga bahwa alasan Gachapoid kurang diminati oleh pasar dikarenakan range suaranya yang terlalu tinggi untuk suara anak laki-laki. Sebagian orang juga berpendapat bahwa suara Gachapoid kurang cocok untuk dipakai bernyanyi, terutama lagu dengan berirama cepat. Meskipun banyak kendala yang ditemukan, Gachapoid termasuk salah satu Vocaloid yang unik dan shota. Karakternya yang lebih dikenal dengan nama Ryuto ini tetap memiliki identitas yang cukup kuat meskipun kurang disukai.

Salah satu Vocaloid dari Internet Co. ini dirilis pertama kali pada tanggal 8 Oktober 2010 dalam bundle Vocaloid 2. Kemudian dirilis lagi untuk bundle Vocaloid 3 pada tanggal 17 September 2014. Voicebank Gachapoid diisi oleh suara Kuniko Amemiya.

gacha

2) Lily

Vocaloid yang mulai terlupakan selanjutnya adalah Lily,. Salah satu karakter suara perempuan yang berat dan rock, Lily termasuk salah satu Vocaloid yang lumayan dikenal. Dirilis pertama kali dalam bundle Vocaloid 2 pada tanggal 25 Agustus 2010 dan kemudian di upgrade ke bundle Vocaloid 3 pada tanggal 19 April 2012. Voice provider dari Vocaloid ini adalah Yuri Masuda. Pada mode upgrade nya, voicebank Lily hanya tersedia dalam versi normal dan native saja.

lilyDi awal kemunculannya, Lily berhasil mencuri perhatian para penggemar Vocaloid. Suaranya yang khas pada saat itu ternyata sukses mendobrak popularitasnya. Namun sayang, semakin banyak Vocaloid keluaran terbaru bermunculan, Lily seolah mulai ditinggalkan oleh para produser. Antusias penggemar Vocaloid pun mulai menurun perlahan. Memang agak disayangkan ya, salah satu Vocaloid kece ini sudah tidak sepopuler dulu.

3) CUL

Karakter suara perempuan nge-rock lainnya yang juga mulai dilupakan adalah CUL. Suara rocker dengan range suara tinggi dan khas dengan rambutnya berwarna merah ini merupakan salah satu seri Vocaloid 3 yang sampai sekarang masih menunggu kabar upgrade ke Vocaloid 4. Lagi-lagi Vocaloid keluaran Internet Co. yang kembali muncul. Entah kira-kira apa alasannya sampai voicebank nya belum dikembangkan lagi. Padahal sayang sekali, CUL memiliki potensi lebih jauh jika dibandingkan dengan Flower ataupun Vocaloid rocker keluaran baru lainnya.

cul

CUL dirilis pada tanggal 22 Desember 2011 dengan voice provider nya yaitu Eri Kitamura. Vocaloid ini hanya tersedia suara original saja, tidak ada versi append.

4) MEW

Satu lagi Vocaloid rocker wanita yang juga senasib adalah MEW. Memang dari karakternya saja sudah berbeda dibanding karakter Vocaloid lainnya. Meski namanya terkesan imut, MEW digambarkan sebagai wanita berambut panjang dan bertatto. Bahkan art nya tidak berwarna seperti karakter Vocaloid kebanyakan, hanya warna hitam dan putih saja. Tetapi, karena itulah dia jadi mudah dikenal dan mudah diingat pula namanya.

Vocaloid keluaran Bplats ini merupakan seri pertama dari Vocaloid 3 yang berbahasa Jepang. Dirilis pada tanggal 21 Oktober 2016 bersamaan dengan perilisan SeeU di Korea. Namun sayang, dia kalah populer dengan SeeU yang notabenenya adalah Vocaloid bahasa Korea pertama yang pastinya lebih ditunggu-tunggu daripada Vocaloid berbahasa Jepang terbaru. Alhasil, Mew kalah populer meskipun memiliki karakter suara yang kuat.

mew

Voice provider dari Mew adalah Miu Sakamoto. Beliau adalah seorang penyanyi pop Jepang kelahiran 1 Mei 1980.

5) Aoki lapis

Seri Vocaloid 3 keluaran Bplats ini termasuk salah satu jenis voicebank wanita dengan suaranya yang sangat imut dan lembut. Karakternya digambarkan begitu dominan dengan warna biru, putih dan hijau tosca ini juga digambarkan sangat cantik dan terbilang tsundere. Dirilis pada tanggal 6 April 2012 dengan voice provider nya yaitu Nako Eguchi. Nasibnya sama seperti CUL, Aoki belum mendapat kesempatan untuk dibuatkan versi upgrade ke Vocaloid 4.

aokiMendengar namanya, kita seolah teringat oleh salah satu kue khas Indonesia, ya? 😀 Iya, namanya memang mudah diingat oleh kita. Namun sayang, lagu-lagu original untuk Aoki Lapis cenderung sedikit jika dibandingkan dengan Vocaloid lainnya. Beberapa penggemar Vocaloid mengatakan bahwa suara Aoki terlalu moe sehingga tidak semua lagu cocok untuknya. Namun banyak pula yang menentang pendapat ini. Bagaimanapun, baik Aoki ataupun Vocaloid lainnya pasti telah mendapat tempat di hati pecinta Vocaloid.

Baca juga : VOCAPOST Rilis Album Terbaru – Salah Satu Karya Bangsa Yang Ditunggu Dunia

6) Kaai Yuki

Vocaloid bersuara imut lainnya adalah Kaai Yuki. Vocaloid yang sangat melekat dengan karakter anak kecil ini ternyata termasuk yang mulai dilupakan. Nasibnya hampir sama dengan Lily, dimana kepopulerannya semakin terkikis lantaran semakin banyak Vocaloid keluaran baru yang suaranya mirip dan cenderung lebih baik kualitasnya.

kaai

Vocaloid keluaran AH Software ini dirilis pada tanggal 4 Desember 2009, bersamaan dengan SF-A2 Miki dan Hiyama Kiyoteru. Belum lama ini, baru saja dirilis versi Vocaloid 4 pada tanggal 25 Oktober 2015.

7) Hiyama Kiyoteru

Karakter laki-laki dewasa yang selalu identik dengan Kaai Yuki ini juga nampaknya juga sudah mulai jarang ditengok oleh para penggemar Vocaloid. Perilisan versi bundle Vocaloid 2 dan versi bundle Vocaloid 4 juga dilakukan di hari bersamaan dengan perilisan Kaai Yuuki. Voice provider untuk Kiyo-sensei  adalah Kiyoshi Hiyama.

kiyo

Di awal kemunculannya, Hiyama Kiyoteru dan Kaai Yuki sering dijadikan pair oleh para penggemar Vocaloid. Hal ini terjadi karena memang karakter Kiyo sebagai guru dan Yuki sebagai siswa, membuat banyak sekali fan pair bermunculan untuk OTP ini. Namun sayang, lagi-lagi, nampaknya fan pair tersebut tidak bertahan setelah bermunculan Vocaloid lainnya yang lebih ‘segar’.

8) Vocaloid 2 English Series

Seperti yang kita ketahui bahwa Leon dan Lola merupakan debut Yamaha untuk perilisan software Vocaloid ini. Leon dan Lola sejatinya merupakan Vocaloid berbahasa Inggris pertama yang dirilis tahun 2003 lalu. Untuk kelas Vocaloid ‘perdana’, sebenarnya kualitas suara Leon dan Lola tidak kalah bagus dengan Vocaloid berbahasa Inggris terbaru lainnya, bahkan menurut saya suaranya jauh lebih tegas. Begitu juga dengan Miriam dengan suara lembutnya.

zeroG

Kemudian, selang tiga tahun kemudian, barulah Zero-G merilis kembali Vocaloid berbahasa Inggris lainnya dalam bundle Vocaloid 2, seperti Sonika, Prima dan Tonio, disusul PowerFX juga merilis Sweet Ann dengan suara cantiknya dan Big-Al dengan suara macho nya. Namun dari sekian Vocaloid berbahasa Inggris yang pernah dirilis pada seri Vocaloid 2, hanya Big-Al yang cukup populer. Itupun karena Big-Al sering berduet dengan Vocaloid bilingual seperti Megurine Luka.

9) ZOLA Project

Ada yang tahu tentang ‘boyband’ yang satu ini? Haha! Bukan ‘boyband’ Korea, ya! 😀 Nah, ZOLA Project ini adalah satu-satunya seri Vocaloid dimana dalam satu CD terdapat tiga jenis karakter berbeda. Iya, sebelumnya kita tahu ada Kagamine Rin dan Kagamine Len, kemudian ada Anon dan Kanon, yang memiliki karakter suara berbeda dalam satu CD. Uniknya, ketiga suara tersebut diisi oleh voice provider berbeda juga, lho!

Di dalam bundle ZOLA Project terdapat tiga suara laki-laki yaitu Yuu, Kyo dan Wil. Yuu digambarkan seperti laki-laki shota dan berambut pirang, Kyo yang lebih dewasa dan Wil dengan suara lembutnya. Dirilis pada tanggal 20 Juni 2013 oleh Bplats. Untuk voice provider dari masing-masing voicebank yaitu Minorun (Yuu), Nanox (Kyo) dan Maui (Wil).

images (24)Yang aneh adalah tidak ada lagu original yang dibuatkan khusus untuk ZOLA Project ini. Kalau kita cari di Youtube, kebanyakan adalah lagu cover dari lagu lain. Padahal menurut saya, ZOLA Project dengan segala keunikannya ini sebenarnya gak kalah bagus lho suaranya jika dibandingkan dengan Vocaloid pria lainnya, seperti YOHIOloid ataupun Gakupo sekalipun. Hmm, ada apa, ya?

10) Tone Rion

Vocaloid dengan karakter anak-anak lainnya adalah Tone Rion. Mungkin nama ini agak asing bagi sebagian orang, tapi sebenarnya dia cukup populer di awal kemunculannya. Dirilis pada tanggal 16 Desember 2011 oleh Bplats dalam seri bundle Vocaloid 3. Meskipun dengan karakter anak kecil, suara Tone Rion memang terdengar cukup moe tapi tegas.

tonerionrrKarakter Tone Rion dibuat seperti anak-anak yang ceria, penuh warna dan semangat. Beberapa orang menganggap ada kemiripan suara dengan Kagamine Rin, meskipun tidak terlalu mendominasi. Sayangnya, tidak banyak lagu original yang memakai Tone Rion. Penasaran juga sih, ya, apa alasannya?

Nah, bagaimana? Apakah akiba-chan dan akiba-kei sependapat? Atau mungkin ada salah satu Vocaloid favorit kalian yang masuk ke dalam daftar diatas? Bagaimanapun, daftar tersebut dibuat berdasarkan banyaknya peminat dan jumlah lagu di Youtube ataupun di NicoNico Japan. Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga kalau Vocaloid tersebut nantinya menjadi lebih populer jauh diatas Vocaloid buatan Crypton Future Media atau lainnya. Semua bisa berubah seiring berjalannya waktu. 😀

  • Ai Febriyani

    LEON, LOLA, MIRIAM itu VOCALOID1 bukan VOCALOID2
    dan mereka udah nggak aktif lagi. Lily masih masuk ke nico ranking apalagi lagu buatan Niki

    yang terlupakan lebih banyak: Sweet Ann, Big Al, PRIMA, TONIO (V2, English dan udah nggak aktif juga). Kokone, Chika, SeeU dan Merli (V3, bener-bener terlupakan lebih parah daripada Aoki Lapis), YOHIOLOID (English, V3 dengan penjualan gagal)

    Minimal Kiyoteru sama Yuki diupdate ke V4, fans setianya masih ada lah walaupun nggak sebanyak dulu

    Terus itu Mew rilisnya udah lama, tahun 2013. 2016 itu tahunnya VOCALOID4 bahkan VOCALOID4 aja rilis tahun 2014