Anime biasanya dibayangkan oleh banyak orang atau pada umumnya sebagai karya animasi yang berasal dari Jepang. Akan tetapi, di jaman sekarang ini, sebuah anime juga bisa datang dari luar Jepang. Contohnya saja seri animasi RWBY, yang baru-baru ini mengumumkan akan dibuat spin-off imutnya.

RWBY adalah seri animasi buah karya Monty Oum yang diproduksi oleh Rooster Teeth Studio di Texas, Amerika. Seri animasi ini menggebrak internet saat trailer pertamanya keluar di website Rooster Teeth pada tahun 2013, memperlihatkan aksi keren salah satu protagonisnya, Ruby Rose, yang kemudian dilanjutkan dengan tiga trailer lagi yang memperlihatkan karakter lainnya, yaitu Weiss Schnee, Blake Belladona, dan Yang Xiao Long. Setelah itu, RWBY tayang di internet melalui website Rooster Teeth dan hingga saat ini telah mencapai tiga season dan masih berlanjut.

Desain karakter, senjata, setting yang banyak mengambil tropes dan elemen dari berbagai anime di Jepang, dan koreografi aksi yang memukau hasil arahan Monty Oum, membuat seri RWBY dengan cepat digemari oleh banyak orang, baik dari Amerika itu sendiri, bahkan sampai negara Jepang.

Respon dari Negara Jepang juga hangat, dengan dibuatnya RWBY Fan Art Book dengan kontribusi gambar dari berbagai ilustrator dan mangaka terkenal dari Jepang, dan juga diserialisasikannya seri manga RWBY. Hal ini sampai membuat Warner Bros Japan memutuskan untuk membawa RWBY ke Jepang dengan mendistribusikan season pertama RWBY pada tahun 2015, memberikan dub Jepang dengan suara para seiyuu-seiyuu terkenal dan veteran.

Kemudian baru-baru ini, Rooster Teeth memberikan pengumuman dengan sebuah video teaser kepada internet dan fans RWBY, bahwa mereka akan membuat spin-off untuk RWBY berjudul RWBY Chibi yang akan tayang pada bulan Mei 2016.

Sesuai namanya, spin-off ini memakai desain karakter dalam bentuk super-deformed atau chibi. Desain animasinya juga terlihat berbeda dengan RWBY di mana kali ini animasinya lebih terlihat seperti Flash Animation yang sederhana tapi tetap penuh warna. Dalam teaser tersebut baru diperlihatkan karakter Ruby Rose saja. Untuk cerita, sayangnya untuk saat ini masih belum ada detail lagi mengenai apa yang akan diceritakan dalam spin-off tersebut.

Ini agak mengejutkan, apalagi dalam cerita RWBY itu sendiri, season tiga membawakan cerita yang lebih gelap dan serius dibandingkan cerita pada season sebelumnya. Atau mungkin saja karena cerita season tiga yang serius tersebut menjadi penyebab dibuatnya spin-off imut dan lucu ini.

Kita tunggu kedatangan Chibi Ruby dan teman-temannya di bulan Mei nanti.