Negara Jepang memiliki banyak binatang, dan kadang bisa ada sebuah lokasi yang terkenal akan binatangnya, seperti pulau kucing atau pulau kelinci. Bagi Prefektur Nara, mereka sangat terkenal akan hewan Rusa, sampai prefektur tersebut memiliki maskot yang didesain dalam bentuk rusa karena hal tersebut. Tapi para rusa Prefektur Nara tersebut menunjukkan perilaku aneh baru-baru ini, dimana mereka tak mau makan crackers nasi.

Ini adalah sesuatu yang sangat mengejutkan, karena para rusa Prefektur Nara itu sangat menyukai crackers nasi. Dan mereka juga telah beradaptasi hidup dengan para manusia, dan bisa melakukan hal-hal unik demi memakan crackers nasi tersebut, atau nama Jepangnya, Senbei.

Saat ada pengunjung yang memperlihatkan kalau mereka memiliki Senbei, rusa-rusa tersebut bisa dengan berani mendatangi mereka. Dan bahkan mengikuti budaya kesopanan orang Jepang, juga bisa membungkuk memberi hormat untuk memohon diberikan senbei. Ini adalah perilaku yang bisa dibilang membuat para rusa di Prefektur Nara sangat terkenal, bahkan sampai diluar Jepang.

Akan tetapi sesuai dengan yang dikatakan diawal, kemarin-kemarin para rusa Prefektur Nara terlihat seperti kehilangan minat akan Senbei. Mereka tak ada nafsu makan saat diberikan, bahkan saat didekatkan ke mulut mereka tak menghiraukannya.

Sampai ada foto-foto yang memperlihatkan rusa-rusa tersebut tak memperhatikan tumpukan senbei yang diletakkan disekitarnya. Ada juga rusa yang diletakkan senbei diatas kepalanya, dan ia tak memakannya sama sekali. Kenapa bisa begitu?

Yoneda Hitoshi, seorang ilustrator veteran yang telah berpengalaman mendesain cover berbagai game, adalah yang membagikan foto-foto perilaku yang mengejutkan dari rusa-rusa tersebut, dan ia juga memberitahukan alasannya, dan ternyata ada hubungannya dengan Golden Week.

Golden Week adalah minggu Hari Libur Nasional negara Jepang yang begitu terkenal. Bisa dibandingkan dengan Lebaran di Indonesia, minggu tersebut adalah saat orang-orang Jepang berhenti bekerja dan pergi berlibur atau pulang kampung.

Dan itulah penyebabnya. Saat Golden Week kemarin dimulai, Prefektur Nara kedatangan banyak sekali pengunjung. Dan mereka memberikan begitu banyak senbei kepada rusa-rusa tersebut, membuat mereka puas dan sangat kekenyangan, sampai mereka jadi tak ada minat makan senbei lagi diakhir Goldern Week. Untungnya sih saat ini, dikatakan secara perlahan mereka mulai ada minat lagi, jadi tak perlu khawatir bagi yang mau ke Nara memberi makan Senbei nantinya.