Ada yang fans dari game Rune Factory? Bisa dibilang Harvest Moon tapi dengan setting yang full fantasy dan menambahkan elemen action RPG sambil mempertahankan elemen gaming bertani beternak, membuatnya menjadi alternatif yang juga disenangi banyak gamer. Dan bicara soal game tersebut, baru-baru ini diberikan kabar yang pahit manis, dengan game Rune Factory 5 diundur perilisannya, tapi Rune Factory 4 akan dapat dimainkan di berbagai konsol lain lagi seperti PS4.

Kita mulai dari yang pahit dulu, dengan kabar dari game Rune Factory 5. Game tersebut sudah diumumkan sejak awal tahun 2019, tapi setelah itu tak ada kabar baru lagi akan projek. Hingga akhirnya pada Nintendo Direct Oktober 2020 diberikan update yang mengumumkan kalau game tersebut akan dirilis tahun 2021 ini.

Dan untuk region Jepang, perilisan tersebut memang terjadi pada tahun 2021, dengan game itu telah dirilis di Jepang pada bulan Mei kemarin. Akan tetapi sayangnya seperti yang dikatakan diawal, perilisan untuk region baratnya kena undur.

Pada trailer untuk event E3 2021, ditampilkan elemen gameplay untuk versi Inggris dan termasuk dub Inggrisnya. Dan pada trailer itu diumumkan kalau versi barat dari game Rune Factory 5 jadinya akan dirilis pada awal 2022 nanti.

Lalu kita pindah ke kabar yang lebih manis dari game Rune Factory pendahulunya dengan game Rune Factory 4 Special. Game tersebut adalah versi remastered dari Rune Factory 4 yang pertama dirilis untuk konsol 3DS, yang kali ini dirilis untuk Nintendo Switch dengan perubahan interface agar lebih cocok dimainkan pada konsol tersebut.

Tapi meski ada perubahan interface, tampilan grafik dan gameplay masih sama tapi jadi lebih HD, walau ada beberapa fitur tambahan baru untuk Special seperti dengan mode difficulty baru, dan juga mode NewlyWed yang memberikan tambahan story tergantung siapa pasangan yang dinikahi oleh player, dan dirilisnya DLC tambahan cerita lagi.

Dan sekalian balik pada topik, baru-baru ini diberikan pengumuman yang lumayan mengejutkan kalau Rune Factory 4 Special akan dibawakan untuk konsol lain lagi, yaitu untuk Playstation 4, XBOX One dan Series X dan S, dan juga Steam, yang dijadwalkan pada musim Fall 2021!