Jepang memiliki luas tanah yang tak begitu besar. Tapi sebagai gantinya, Orang-orang Jepang bisa kreatif dalam membangun rumah. Seperti gedung apartemen, Capsule hotel, atau kereta. Ukuran kecil bisa dibilang sudah jadi hal biasa. Ngomong-ngomong soal kecil, sekarang Jepang berkreasi lagi dalam hal tempat tinggal berukuran mini. Maukah anda tinggal di Jepang dirumah mini Muji Hut ini?

Konsep rumah mini atau kecil, atau Tiny House, belakangan ini mulai menyebar di negara dengan tanah luas seperti Amerika atau Eropa. Dan belakangan ini, beberapa orang di Jepang juga mulai mengikuti trend Tiny House ini.

Mereka yang membangun Tiny House seperti itu biasanya melakukannya secara custom, mendesain dan atau membangun sendiri. Walau sekarang juga ada Tiny House Community yang biasanya sudah ada Tiny House yang dijual langsung sudah jadi.

Naaah itu juga yang sekarang sedang dicoba oleh Muji melalui Muji Hut ini. Muji itu sendiri adalah toko retail di Jepang yang menjual berbagai macam barang. Mulai dari alat tulis sampai perabotan rumah, semua dengan desain yang ramping dan minim tapi juga memiliki style. Tipe desain yang cocok dilakukan dengan Tiny House.

Muji Hut tiny house ini berbentuk kotak berukuran 9 meter persegi, yang dapat dipakai sebagai villa atau rumah liburan. Dikatakan ukuran ini ideal untuk satu orang atau couple, tapi juga muat sampai 4 orang. Luarnya dibangun dengan tehnik Yakisugi, tehnik pembangunan kapal dari jaman dahulu, yang membuatnya tahan api dan ramah lingkungan.

Isinya sangat minimalis, dengan sebuah ranjang, lampu, tungku heater, dan perabotan kecil lainnya dan lemari. Dengan satu jendela kecil dan pintu kaca besar yang membiarkan cahaya luar menerangi seluruh ruangan secara alami. Dan juga colokan listrik.

Tapi tak ada kamar mandi dan toilet. Waduuuh kalau mau buang air bagaimana donk? Untungnya, kalau di Jepang berbagai fasilitas umum seperti pemandian umum atau laundry dapat ditemukan di berbagai lokasi, bahkan didaerah yang lumayan terpencil.

Tapi untuk debut Muji Hut ini, Muji bekerja sama dengan perusahaan WOULD dalam produksinya. Perusahaan tersebut memiliki properti tanah bekas sekolah SD Nagao di prefektur Chiba, yang telah dibangun ulang menjadi Shirahama School House.

Dan mereka telah menyediakan area spesial untuk pembangunan Muji Hut didekatnya. Jadi tetap ada akses shower dan dapur, bahkan caffee. Dan untuk setiap Muji Hut itu sendiri, disediakan tanah kosong untuk dijadikan kebun sayur.

Bagi yang ingin membangunnya diluar lokasi itu perlu menunggu sampai musim gugur ini. Tapi sayangnya tak ada info mengenai pembangunan rumah ini diluar Jepang. Untuk harga, satu Muji Hut dijual seharga 3 juta Yen. Untuk yang membelinya di Shirahama perlu bayar one-off biaya pendirian sebesar 500.000 Yen lagi, dan kemudian bayar administrasi bulanan sebesar 15.000 Yen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here