Buat Akiba-chan dan Akiba-Kei yang sering nonton youtube pasti kenal dengan salah satu youtuber dan juga ilustrator magical satu ini, Ya Rosstran. Rosstran dikenal dengan karya-karyanya yang sungguh luar biasa dan keajaibannya untuk mengubah foto biasa menjadi sebuah gambar yang sang sangat outstanding.

Ross Draw Youtube Channel

Ditemui di boothnya di POPCON ASIA 2016, Rosstran menceritakan sedikit pengalamannya di dunia menggambar kepada Akiba Team. Rossrtran sudah suka menggambar sejak ia masih berusia 3-4 tahun dimana dia terinspirasi dari beberapa kartun yang sering ia tonton seperti Power Ranger dan Pokemon. Dia mengaku menggambar sudah menjadi passion-nya sejak muda.

rosstran
Credit : Google

Ia mengaku sempat vakum dari menggambar cukup lama, karena Ayahnya lebih ingin melihatnya menjadi dokter, scientist, atau semacamnya. Lalu, ketika ia memasuki jenjang SMA ia mulai menemukan bahwa menggambar dapat menjadi sebuah pekerjaan yang baik dan menghasilkan uang. Ia pun meminta dan meyakinkan orang tuanya untuk memasukannya ke sekolah seni dan mulai dari situ ia mulai menjadi menggambar sebagai profesionalnya. Dengan lika-liku yang panjang, namun menggambar tetap menjadi jalan hidupnya.

Dia sering menjadikan foto karena ketika ia melihat kanvas dan kertas berwarna putih, menurutnya itu menakutkan ia lebih senang jika ada banyak noise yang membantu ia dalam membuat tekstur dalam gambarnya. Dia selalu membuat topik terlebih dahulu lalu ia akan memilih warna yang ia butuhkan lalu dia akan mencarinya dalam foto. Kebanyakan ia memilih menggunakan foto makanan yang lebih colorfull.

Penampilan Rossdraw pada saat live Drawing di stage POPCON ASIA  2016
Penampilan Rossdraw pada saat live Drawing di stage POPCON ASIA 2016

Di dalam setiap videonya ia selalu melakukan dodging colour yang membuat gambar-gambarnya lebih hidup. Ketika ia kecil ia sering memberikan warna-warna terang di setiap gambarnya dan saat ia mulai membuat video di youtube ia menggunakan colour dodge. Karena saat itu dia berpikir bagaimana caranya agar channel dia tidak monoton dan lebih menarik.

Credit : Creative Blog
Credit : Creative Blog

Ross mengakui saat menggambar ia membutuhkan ruangan yang bersih dan sunyi dan jika sedang mentok dalam menggambar dia akan mencari makan untuk membuat mood menggambarnya kembali. Ternyata Stanley Lau merupakan salah satu orang yang menginspirasi dia dalam menggambar. Artist yang juga suka main Pokemon Go ini memiliki seekor anjing bernama Milo yang sangat ia sayangi dan kadang kala menjadi salah satu inspirasi Ross dalam menciptakan sebuah ilustrasi.

Menurut Ross karya yang menurutnya sangat menantang adalah ilustrasi dari rumah neneknya yang didedikasikan untuk neneknya yang sudah meninggal. Menurutnya gambar tersebut sangat personal baginya dan memiliki arti sendiri. Karyanya ini berbeda dari karya-karyanya yang lain, dimana kebanyakan merupakan karya yang dibuat untuk have fun, namun tidak untuk karyanya yang satu ini.

Salah satu tips yang ia berikan dalam menggambar adalah pikirkan terlebih dahulu cerita yang ingin kamu angkat dalam gambarmu, karena banyak orang tertarik dengan pengalaman yang diceritakan dalam gambarmu.