Hidup akan terasa pudar dan lesu jika tak ada sesuatu untuk ditertawakan. Karena itulah kita membutuhkan candaan, genre komedi, atau gag. Media anime tentu juga memiliki genre komedi. Kalau tidak ada, mungkin kita takkan punya karakterkarakter koplak yang dapat mencerahkan diri kita disaat sedih. Tapi anime komedi/gag apakah yang paling mengocok perut penonton Jepang? Yuk kita cek, inilah ranking gag anime terkocak pilihan fans Jepang.

List ini dibuat oleh website Goo Ranking. Disitu diberi nama Gag Anime Yang Bikin Ketawa Setengah Mati. Yang agak unik dari list ranking ini adalah, ternyata ada lumayan banyak judul komedi jaman klasik, tak hanya di Jepang tapi juga saat masuk ke Indonesia. Walau tentu ada juga seri komedi yang dibuat belakangan ini.

Lalu apa sajakah anime terkocak pengocok perut tersebut? Lets Cekidot~

10 – Nichijou, mendapat 120 Vote

Salah satu anime terkocak buatan Kyoto Animation. Desain karakternya yang sederhana membuat KyoAni dapat berkreasi dalam melebaykan adegan komedi dari manganya. Kelebayan ini didukung lagi dengan kualitas animasi KyoAni yang top.

 

9 – Sexy Commando Gaiden, mendapat 125 Vote

Judul ini mungkin tak banyak yang tahu di Indonesia, karena ini dari jaman dulu, dan belum pernah tayang di Indonesia. Tapi ini adalah salah satu seri komedi paling disenangi di Jepang. Sampai masuk Top 3 Manga dalam survey Oricon ditahun 2008.

 

8 – Crayon Shin-chan, mendapat 128 vote

Siapa sih yang tak kenal sama bocah bandel ini 😀 kekocakannya membuat seluruh kota jadi tempat bermain yang asyik 😉 dan seperti di Indonesia, Shin-chan juga booming di Jepang. Walau mangaka Shin-chan telah meninggal, animenya tetap lanjut menyenangkan hati fans. Btw, ODEX juga akan membawa movie Shin-chan terbaru ke Indonesia loh 😉 oh senangnya~ aku senang sekali~

 

7 – BoboBobo Bobobo, mendapat 138 vote

Mungkin salah satu seri Shonen JUMP paling aneh yang pernah ada. Yang sudah terlihat dari judulnya dan desain karakternya. Jangan dikelirukan dengan majalah Bobo ya 😀 sama sekali tak ada hubungannya. Anime ini memang sempat tayang juga di Indonesia, jaman anime tayang hari Minggu 😀 Tapi kepopulerannya lebih besar di Jepang, walau anime dan manga-nya sudah tamat.

 

6 – Dr. Slump, mendapat 147 vote

Orang itu, Orang itu, Orang itu, Punya Kepala besaa~ar 😀 mina-san apa ada yang masih ingat lagu itu? Mari kita nyanyikan lagu itu lagi, karena anime lagu tersebut, Dr. Slump, juga masuk dalam list ini. Seri yang pertama menaikkan nama Toriyama Sensei, yang kemudian meleduk setelah ia menamatkan seri ini, dan memulai seri karya legendarisnya, Dragon Ball.

 

5 – Saiki Kusuo no Sainan, mendapat 149 vote

Berikutnya adalah seri Shonen JUMP lagi, tapi yang ini dari jaman modern. Seri yang sebentar lagi akan keluar nih movie live-actionnya, dan ada si YamaKen yang ganteng jadi kocak 😉 Saiki Kusuo. Dan sebagai kejutan, season kedua animenya juga telah diumumkan!

 

4 – High School Kimengumi, mendapat 190 vote

Dan sebelum Top 3, adalah High School Kimengumi. Judul yang mungkin belum pernah didengar mina-san, karena belum pernah masuk Indonesia, baik anime maupun manga. Tapi seri komedi klasik dari Shonen JUMP ini masih diingat hangat di Jepang meskipun telah tamat.

 

3 – Osomatsu-san, mendapat 294 vote

Membuka Top 3 adalah Osomatsu-san. Perjalanan seri ini memang lumayan unik. Walau berasal dari manga klasik berjudul Osomatsu-kun, ketenarannya lebih menggelegar dari animenya. Mungkin berkat akting kocak dan nyanyian para seiyuu besar nan tampan seperti Kamiya Hiroshi, Ono Daisuke, Sakurai Takahiro dll, yang ironisnya berperan sebagai para Matsuno bersaudara yang wajahnya sama koplak semua.

 

2 – Hoozuki no Reitetsu, mendapat 298 vote

Dan diposisi 2 adalah Hoozuki no Reitetsu. Seri yang lumayan unik konsepnya. Mengisahkan pekerjaan sehari-hari para iblis di neraka menghukum roh orang jahat dll. Tapi mungkin karena ceritanya juga berupa satire akan kebudayaan masyarakat Jepang modern, jadi banyak yang menyukainya. Studio Wit menganimasikan seri ini setelah AoT selesai, dan walau sederhana, perwarnaan dan desainnya yang memakai gaya Jepang kuno membuat tampilannya menarik. Tapi dari segi satire, sayangnya seri ini masih kalah, dengan si nomor 1..

 

1 – Gintama, mendapat 685 vote

Yup, entah hasilnya ini gampang ditebak atau tidak, seri Gintama adalah gag anime paling top dalam ranking anime terkocak ini. Hasil votingnya sampai lebih tinggi dari gabungan jumlah vote Hoozuki dan Osomatsu. Mungkin karena movienya baru tayang dan sukses, atau karena manga-nya lagi seru mau mendekati akhir. Tapi memang komedi yang diberikan oleh Gintama memiliki beragam rasa. Mulai dari slapstick, manzai, sampai satire mengenai tak hanya seri JUMP atau anime lain, tapi juga mengenai kebudayaan masyarakat Jepang. Dan meskipun diserialisasi di Shonen JUMP, Gintama tetap berani membuat candaan jorok atau gurauan dewasa tanpa ragu.

https://www.youtube.com/watch?v=ZD68p6n2nog