Hai domo ~
Jangan bingung melihat judul di atas, Missile adalah nama yang di gunakan oleh seorang mahasiswa Jepang yang sedang mengembangkan Robot Hatsune Miku dalam ukuran asli (160cm). Idola virtual ini memenangkan maskot mobil balap, telah muncul melalui hologram baik di dalam maupun di luar perangkat dan dia adalah titik cahaya baru untuk para robot robot.

Missile menampilkan prototipenya di acara Robodex ketiga di Shinjuku pada 17-19 Januari. Acara ini terbuka untuk “semuanya robot” dan ini Hatsune Miku tidak terkecuali. Berdiri setinggi Missile, dia memiliki sekitar 50 servo motor di sekujur tubuhnya. Artikulasinya cukup mengesankan, karena dia bisa bergerak atau menunjuk setiap jari secara individual.Robot bergerak menggunakan teknologi motion-capture seperti yang terlihat pada video di atas. Missile memakai peralatan motion-capture yang kemudian direplikasi oleh robot Miku. Robot menggunakan internet, untuk menerima informasi masukan.

Missile mulai mengembangkan robot 10 tahun yang lalu dan sejak itu telah menciptakan dua versi. Versi terbaru, Unit 2, dibawa ke Robodex. Selain motion capture, pengguna juga bisa “melihat” melalui bidang pandang Miku dengan menggunakan teknologi virtual reality.

Setelah membuat kemajuan dengan teknologi robotiknya, Missile memutuskan untuk meluncurkan kampanye crowdfunding di Campfire untuk Rencana Produksi Robot Life-Size, Pretty Girl. Kampanye ini sukses sejauh ini, telah meningkat sampai 3,6 juta yen (US $ 32,500) atau 119% dari perkiraannya.

Kesuksesan kampanye sudah cukup untuk membuat Missile bergerak maju dengan iterasi ketiga dari robot seukuran dirinya, yang diberi nama Rei Adachi. Ia berharap dengan versi ini, robot berukuran 160cm ini akan memiliki ekspresi wajah, bisa bicara, bernyanyi, dan berjalan. Missle telah menguji cara berjalan dengan Unit 2, seperti yang terlihat pada video di bawah ini.

Jika impian Missile menjadi kenyataan, dia berharap robotnya akan digunakan untuk menghibur masyarakat, seperti YouTuber virtual. Dibawah ini  adalah video proses Missile mengerjakan robot real-size Hatsune Miku.

Walaupun sekarang terlihat gerakannya masih kaku, tapi ini sudah luar biasa dan hebat loh!

Rasanya dua tahun lalu juga ada seorang mahasiswa Tokyo yang bikin robot miku. Tapi belum sesempurna ini sih. Mudah – mudahan impian Missile bisa tercapai dan robot Hatsune Miku dengan ukuran asli bisa di sempurnakan ya.

Comments