Ada kabar keren untuk fans Hatsune Miku. Setelah bulan lalu Miku berkolaborasi dengan Lux, kali ini ada kabar soal kolaborasi lain. Yaitu antara perusahaan Speecys dan Volks. Kedua perusahaan ini bekerja sama untuk mengembangkan robot Dollfie Hatsune Miku yang bisa bergerak.

dollfiedream0

Ide teknologi robot Miku ini sendiri sih memang tidak terlalu baru. Takemoto Takuma dari Universitas Kwansei Gakuin dulu juga menciptakan robot Miku ukuran life-sized. Dan awal tahun 2016 ini juga ada kerjasama antara Good Smile dan Yukai Engineering dalam projek iDoll. Projek tersebut adalah mengimplementasikan sistem gerakan tari dalam Nendoroid Miku. Kerjasama Volks dan Speecys dalam robot Dollfie Miku ini bisa dibilang seperti itu.

Perusahaan Volks adalah perusahaan yang terkenal dalam bidang Garage Kit, dan juga memproduksi seri boneka Dollfie Dream, termasuk Limited Edition Dollfie Miku yang harganya bisa mencapai lebih dari enam setengah juta rupiah. Dan kali ini mereka membuat Dollfie Miku yang lebih keren lagi dengan memasangkan sistem robot didalamnya.

Untuk itulah mereka bekerja sama dengan perusahaan Speecys. Mereka adalah desainer untuk laptop Vaio buatan Sony, dan juga berpengalaman dalam membuat robot. Siapa disini yang masih ingat akan robot doggy AIBO? Nah, Perusahaan Speecys inilah yang membuat robot itu. Kasuga Tomoaki, presiden dari perusahaan Speecys mengatakan pengembangan robot Miku ini, seperti dalam bagian sendi, gerakan, software, dan lain-lain, berasal dari pengalaman mereka saat mengembangkan robot AIBO.

Dalam robot Dollfie Miku ini akan dipasangkan komputer Raspberry Pi 3 yang dioperasikan dengan sistem Linux. Dan dapat digerakan melalui program animasi MikuMikuDance (MMD) yang banyak dipakai dalam membuat video animasi dancing.

Miku ini akan didisplay dalam event Magical Mirai yang akan diadakan tanggal 9 sampai 11 September. Bagi yang sudah punya Dollfie Miku, booth Volks juga akan mendisplay sample dan membuka pre-order untuk Dollfie Dream Miku Carrying Case. Sebuah tas yang sesuai namanya, didesain untuk membawa Dollfie Hatsune Miku.

dollfiedreamcase

Wah wah wah… teknologi makin maju saja ya 😉 Apa ada yang mau mencoba membeli Dollfie Miku yang bisa menari ini? Tapi yang biasa saja sudah enam juta lebih ya harganya 🙁