Setiap orang pastilah punya masa-masa sulit dalam hidupnya. Karena dalam menuju suatu tujuan atau impian sangatlah mustahil dengan jalan yang mudah. Kali ini saya akan membahas sebuah lagu penuh semangat dari idol grup yaitu JKT48, yaa… walaupun hanya berupa terjemahan dari AKB48 yang berbahasa Jepang, menurut saya lagu River mempunyai terjemahan yang paling bagus di antara lagu lainnya. Kita Aplouse dulu yuk untuk penerjemahnya… prok prok prok J

Menerjemahkan itu tidak mudah loh, apalagi untuk dinyanyikan kembali dengan makna yang sama sesuai dengan budaya sasaran. Dalam menerjemahkan, bukanlah struktur bahasa sumber yang dialihkan, melainkan pesan yang ada dalam bahasa sumber. Jadi, untuk kalian yang bilang, “Lagu-lagu JKT48 liriknya aneh, kaya terjemahan google translate” janganlah meremehkan, ada kalanya penerjemah mempertahankan struktur atau foreignisasi dengan maksud tertentu, seperti sulit mencari padanan yang sesuai dengan bahasa sasaran. Oke, kita sudahi saja teori tentang penerjemahannya, nanti malah tidak fokus di River.

Lagu River merupakan single JKT48 yang ke-2, menceritakan tentang perjuangan seseorang demi meraih impian. Dalam perjalanan menuju impian, pasti banyak halangannya, entah mudah atau susah dilewati. Nah, penghalang di sinilah yang di sebut ‘River’. Pada pembahasan kali ini, tidak semua liriknya saya bahas. Hanya bagian-bagian penting yang membuat lagu ini menjadi kaya makna. Dalam liriknya yang berbunyi:

Penghalang adalah River! River! River!

Dan yang membentang River!

Takdirnya River !

Akan diuji River!

River=Penghalang pasti akan selalu ada, itu sudah takdir. Karena tidak ada impian yang terwujud tanpa ada halangan. Penghalang ada sebagai ujian kita dalam meraih impian, apakah kita akan terus melewatinya? Atau menyerah?

Buanglah keraguanmu

Tunjukkan nyalimu

Jangan ragu! Sekarang juga!

Believe your self !

21

Ingat! Selalu jadi diri sendiri dalam melakukan segala sesuatu. Tidak perlu takut akan dibenci banyak orang. Dan percaya pada diri sendiri adalah kunci keberhasilan. So, jangan ragu sama diri sendiri ya.

Ada lirik yang sangat saya suka, dan saya sangat semangat sekali saat mendengarnya:

Di dalam hatimu juga ada sungai mengalir

Luas, sebuah sungai yang besar

Walaupun gelap dan dalam

Walaupun arusnya deras

Perumpamaan sungai ini saya katakan sangat bagus, karena biasanya sungai dipakai dalam hal-hal yang positif. Di sini diumpamakan sebagai penghalang. Di dalam hati kita ada penghalang yang sangat besar, biasanya ketakutan menghadapi suatu hal, keragu-raguan, dll. Penghalang itu semakin besar dalam hati kita, bisa jadi kita menyerah menghadapinya. Namun, Melody dkk menyemangati lagi:

Tidak perlu ketakutan walaupun kau terpisah

Ya! Tepian pasti ada

Lebih percayalah pada dirimu

Walaupun kau terpisah di sini maksudnya sendirian menghadapi river itu. Jadi, tak perlu takut, pasti ada tepian. Tepian di sini berarti jalan keluar dalam menghadapi kuatnya rintangan. Kembali ke poin yang diatas, percaya pada diri sendiri! Jangan menyerah, terus sebrangi sungainya…

Jangan alasan untuk diri sendiri

Jika tak dicoba tak akan tahu

Tiada jalan selain maju

Selalu teruslah tetap dijalan yang kau pilih

never-give-up

Jangan punya banyak alasan untuk menyerah, bilang, “takut di sana nanti ada ini, ada itu”, “takut nanti di sana begini, begitu”. Ya ampun, Bro, belum apa-apa masa udah takut. Buang semua alasan, dicoba dulu. Makanya dilirik setelahnya ‘tiada jalan selain maju’ itu berarti maksudnya Melody dkk maksa kamu biar jangan nyerah.. hayo… Melody dkk loh yang maksa kamu~

Tepat di depan matamu ada sungai mengalir

Sungai keringat dan air mata

walaupun kau pernah gagal walau dirimu terbawa arus

nah, ini lirik yang lebih mantabbbb lagi. Majas personifikasinya keluar yang juga bermakna hyperbola. Halangan yang kita hadapi pasti membutuhkan banyak energi terkuras, keringat keluar semua, belum ‘makan hati’-nya yang bikin kita nangis, mau nyerah. Udah gitu, kita gagal. Kita terbawa arus pas mau nyebrang sungai, sedih bangat kan? perumpamaan yang bener-bener bagus ya. Tapi, kembali Kinal dkk (jangan Melody terus, ya) menyemangati:

Tak apa terulang lagi

Dan janganlah mengeluh

Genggamlah selalu impianmu

Sampai suatu saat mimpimu terkabul

Denger tuh! Gak apa-apa kok gagal, gak apa-apa kok kegagalannya terulang-ulang, tapi ingat ya.. jangan pake ngeluh. Banyak sudah para ilmuan mengajarkan kita arti dari ‘repeatation’. Coba lagi, gagal, coba lagi, gagal, coba lagi… seterusnya sampai suatu hari nanti, saat impian kamu sudah berhasil diraih, kegagalan itu tidak terasa sama sekali karena impian yang terwujud tidak akan pernah terbayar oleh apapun.

Oh ya, lagu ini dinyanyikan dengan dance yang super sulit, bertempo cepat dan kalau sudah liat clip-nya, muka member JKT48 semua garang-garang, loh. Ini menunjukkan bahwa lagu ini memang untuk orang-orang yang putus asa, putus harapan, mau menyerah, di sini JKT48 seolah-olah ‘memarahi’ kita agar tidak menyerah. Pokoknya lagu ini menurut saya the best, deh. Semoga tulisan ini bermanfaat.