Belum lama kemarin, dunia anime sudah diguncang tiga berita duka serius. Mulai dari musisi, animator sekaligus seiyuu yang meninggalkan kesedihan mendalam bagi para fans. Mimin pikir sudah selesai duka di akhir tahun 2016 ini. Ternyata tadi malam kembali datang kabar menyakitkan dari kalangan seiyuu. Kali ini adalah Kaneta Kimotsuki-Sensei yang merupakan salah satu seiyuu senior di serial anak paling terkenal, Doraemon.

Kabar duka tersebut pertama kali dipublish oleh lini news dari TV Asahi. Selain itu juga turut disiarkan melalui official twitter mereka seperti yang terlihat dibawah ini.

Kimotsuki-Sensei berpulang dengan tenang pada umur 80 tahun. Beliau meninggal setelah menjalani perawatan penyakit pneumonia. Dan sepertinya juga faktor usia yang sudah semakin senja sehingga kekebalan tubuh tak lagi stabil. Namun dengan kepergian beliau tentunya membawa duka tersendiri bagi para fans Doraemon. Mimin pun merasakan hal sama, oleh karena itu mari berdoa bersama semoga diterima amal dan ibadahnya disisi Tuhan YME.

Kimotsuki-Sensei

Kimotsuki-Sensei dikenal sebagai seiyuu kawakan yang membawakan suara Gian (Takeshi Gouda) yang original saat pertama kali serial Doraemon debut tahun 1973.  Lalu setelah digantikan oleh Tatekabe Kazuya, beliau berpindah mengisi suara Suneo. Role ini berlanjut sampai versi tv series yang dirilis oleh Asahi TV tahun 1979.

Setelah serial anime Doraemon selesai pun karir beliau tidak serta merta meredup atau hilang. Terbukti cukup banyak pula anime lawas yang beliau bintangi. Kalau mau lebih diteliti lagi, ternyata beliau sering kali mengisi tokoh-tokoh antagonis. Hal ini disebabkan karen Kimotsuki-Sensei memiliki suara yang khas yang mampu memunculkan aura “menjengkelkan” dari tokoh-tokoh tersebut.

Yup, selain mempopulerkan karakter Doraemon, berikut ini adalah beberapa serial anime untuk anak-anak yang melibatkan Kimotsuki-Sensei. Diantaranya ada Ninja Hattori-kun (berperan sebagai Kemuzo Kemumaki/si kecil usil), Anpanman (berperan sebagai Horror-man), Osomatsu-kun (ini Osomatsu versi masih hitam putih, ia berpesan sebagai Iyami), serta Obake Q-taro (berperan sebagai hakase & Gojira). Bahkan ada juga film – film animasi serapan barat yang ternama seperti Little Mermaid  dan Tom and Jerry.