Kabar anniversary 50 tahun seri Kamen Rider masih belum selesai, karena masih ada beberapa kabar besar lagi selain dari pengumuman perilisan Youtube dari Kamen Rider W dan projek anime sequel Kamen Rider itu. Dan pengumuman besar tersebut adalah projek reboot dari sang judul klasik Kamen Rider Black alias Ksatria Baja Hitam, dan juga projek film Shin Kamen Rider dari sutradara terkemuka Anno Hideaki!!

Dua kabar apik, dan kita mulai dahulu dari judul yang nostalgila, Kamen Rider Black yang namanya ditranslasikan jadi Ksatria Baja Hitam di Indonesia, dan bisa dibilang Kamen Rider yang paling populer dan dikenal di Tanah Air.

Seri Showa Rider terakhir tersebut diumumkan mendapatkan projek reboot dengan perubahan judul jadi Kamen Rider BLACK Sun. Sayangnya tak diberikan banyak detail seperti format atau cast, hanya dikatakan kalau Shiraishi Kazuya yang jadi sutradaranya, dan reboot tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada musim Spring 2022 nanti.

Dan kita lanjut kepada kabar yang tak kalah mantap dan juga lumayan nostalgia. Yaitu dengan pengumuman sebuah projek bernama Shin Kamen Rider yang melibatkan sutradara Anno Hideaki dimana ia akan menyutradai sekaligus menulis projek itu. Sesuatu yang juga dilakukan olehnya pada projek tokusatsu lainnya, Shin Ultraman dan Shin Godzilla, dan juga anime Shin Evangelion.

Banyak sekali Shin yang dibuat olehnya ya 😀 Anno sendiri memberi komentar akan projek Shin Kamen Rider ini. Mengatakan kalau ia ingin membalas budi akan pesona yang diberikan seri Kamen Rider original pada anak-anak yang menonton seri tersebut saat pertama tayang 5 dekade lalu dalam bentuk movie.

Anno juga mengatakan kalau sebenarnya projek tersebut telah direncanakan sejak 6 tahun lalu! Tapi produksinya jadi telat karena masalah pandemik coronavirus, membuat perilisannya juga diundur 2 tahun dari rencana awalnya dalam tahun 2021 ini jadi bulan Maret 2023 nanti. Mirip dengan nasib Shin Evangelion dan Shin Ultraman.

Melihat komentar Anno dan visual projek tersebut, sepertinya itu berarti walau judulnya serupa, movie Shin Kamen Rider ini rasanya merupakan reboot Kamen Rider original dan tak ada hubungan dengan Kamen Rider Shin. Konsep yang sebenarnya bukan pertama kalinya, dengan reboot macam itu telah dilakukan dengan film Kamen Rider FIRST dan NEXT.