Akiba-chan dan Akiba-kei, mimin mau ngasih stok bacaan lagi nih buat kalian. Kemarin kita sudah menyempatkan diri untuk menengok ke salah satu manga shoujo comedy berjudul T-Rex Na Kanojo karya Sanzan Sanzou, nah sekarang mari kita tengok manga dari genre berbeda: Horror. Sebuah manga oneshoot yang menyajikan cerita gore-horror-mistery dari sang maestro Singo Honda ini mungkin bisa jadi hiburan disaat kalian kehabisan amunisi mencekam sebelum tidur.

Judulnya “KIRIKO”. Kedengaran biasa aja dan sangat simpel ya, tapi coba lihat kanjinya, 切 yang berarti mengiris/memotong juga dapat diartikan sebagai batas akhir serta kanji 子 yang berarti anak (biasanya dipakai untuk nama anak perempuan). Yep, kalau sudah tau arti judulnya kalian bisa menerka inti isi ceritanya. Kasarannya: pembunuhan sadis oleh seorang anak perempuan.

Kalau kalian mencari yang sudah translate ke bahasa inggris mungkin baru muncul chapter satu saja. Tetapi kalian sudah dapat membaca full oneshoot dalam versi raw jepang (agak susah sih nyari nya 😀 ). Langsung saja ya,.. cerita pada chapter satu dimulai dengan berkumpulnya sekelompok kawan lama yang berjumlah 7 orang: Ryosuke, Mizuho, Hidekata, Kazuya, Masao, Kiriko dan Risa. Setelah lulus dari SMP mereka melanjutkan ke SMA yang berbeda dan kehidupan pun berjalan masing-masing tanpa pernah bertemu kembali satu sama lain. Lalu suatu hari mereka semua mendapatkan undangan dari seseorang yang berinisial “K” untuk reunian. Hanya enam orang yang datang. Itupun sudah termasuk Katao Masao yang mereka anggap sebagai kawan lama si pengirim surat. Ya, hanya enam, karena sang Idol Okumura Kiriko telah meninggal bunuh diri lima belas tahun silam. Ternyata sebuah bahaya mengikuti mereka, sosok misterius diam-diam memburu dan membunuh mereka satu persatu….

Kirikohorror (2)

Dalam page-page awal ceritanya terlihat biasa, ditambah lagi inti permasalahan tentang Kiriko terkesan disembunyikan oleh sang mangaka. Baru memasuki pertengahan cerita, kejutan muncul pada saat Katao yang dianggap sebagai pengirim surat muncul dan mengaku bahwa ia datang juga karena dapat undangan dari si inisial “K”.

Sudah ketebak sih sampai sini kalau yang mengundang adalah Okumura Kiriko. Tetapi yang menjadi misteri, mengapa sang diva yang telah meninggal ini mengundang mereka? jawabannya satu: balas dendam. Dalam manga raw nya (chapter selanjutnya nanti) akan dijelaskan satu persatu alasan ia datang membunuh ‘mantan teman’ nya tersebut. Kiriko datang dengan sosok monster setengah setan mirip ikan panjang yang menjijikkan. Korban pertama adalah Risa, kepalanya putus di toilet bangunan sekolah tempat dimana mereka diundang. Lalu mereka pun dihantui rasa mencekam dan penasaran. Adanya undangan dan pembunuhan berantai itu mengarah kepada misteri kematian Kiriko yang belum terungkap.

kiriko1

Sang Mangaka melukis manga ini dengan gaya khas shounen, sedikit keras, tanpa sensor dan menyertakan sosok menjijikkan sebagai ancaman utama, seperti pada manga terdahulunya HAKAIJUU. Ia juga meletakkan inti cerita sebagai klimaks di belakang. Jadi pada chapter satu sampai empat hanya berisi kejutan-kejutan scene mengagetkan dan gore yang lumayan khas. Baru pada chapter lima diulas secara penuh mengapa sang idol menghantui teman-temannya. Ternyata ada suatu ingatan yang hilang….mereka berenam hanya mengingat Kiriko sebagai idol sekolah yang cute dan cantik serta populer di kalangan banyak orang sementara kejadian aslinya lima belas tahun silam adalah sebaliknya……merekapun ternyata bukan semuanya teman….

———————————————————————————————————————————

Title : KIRIKO

Creator : Singo Honda

Overall  : B

Artwork : B

Story     : B