Setelah delay cukup lama akhirnya serial anime Digimon Adventure Tri bagian pertama dirilis. Bagian pertama dari total 6 seri Digimon Adventure Tri kali ini berjudul “Reunon” (Saikai) yang terdiri dari 4 Espisode berdurasi 24 menit dalam tiap episodenya.

Digimon Adventure Tri “Reunion” Episode 1-4 menceritakan tentang reuni dan pertemuan kembali para anak-anak terpilih (DigiDestined) dengan para sahabat digimon kesayangan meraka yang sudah sekian lama tak berjumpa. Namun tidak banyak yang berubah dari digimon-digimon ini dari serial Digimon yang terdahulu wujud dan ukuran-nya masih sama.

digimon-tri2.pgUntuk konsep dan jalan ceritanya sendiri bukan hal baru, tak jauh beda dari serial terdahulunya namun itu bukan masalah mengingat betapa populernya serial ini. Hanya saja cerita Digimon Adventure Tri ini dibuat lebih dewasa dan realistis. Terbukti saat orang-orang di dunia nyata berlari ketakutan saat kuwagamon muncul ke dunia nyata dan menghancurkan kota.

digimon-tri3
Adegan saat Kuwagamon muncul dan menghancurkan kota

Disamping itu tak banyak juga perubahan-perubahan yang terjadi pada karakter utama. Mungkin Digimon Adventure Tri yang sekarang ingin memperlihatkan perkembangan karakter para anak-anak terpilih saat tumbuh dewasa, meskipun kurang mengena. Apalagi penonton pasti tak sedikit yang heran dan kebingungan dan kurang memahami kenapa Taichi berubah jadi penakut dan cenderung ragu-ragu saat berhadapan dengan Kuwagamaon, berbanding terbalik dengan Crest of Courage yang ia miliki, hingga akhirnya Agumon muncul dan menolong Taichi.

digimon-tri4
Adegan saat Agumon muncul menyelamatkan Taichi

Tak hanya Taichi, beberapa karakter lain pun mulai terasa perubahan karakter mereka. Semisal saja, Takeru yang sekarang terlihat lebih santai, Yamato yang kini makin emosional, Mimi yang lebih centil, dan yang sangat menonjol adalah Koshiro yang kini tampak sulit untuk berinteraksi dengan orang lain.

Romance sendiri bukanlah fitur paling menonjol dalam serial Digimon Adventure. Akan tetapi, mengingat bagaimana para karakter (dan juga fans Digimon Adventure) telah tumbuh dewasa, adalah hal yang wajar jika bumbu romance ditaburkan dalam Digimon Adventure Tri. Melalui serial pertama ini, tampaknya kita mulai bisa mereka-reka mengapa Sora bisa berakhir dengan Yamato dan bukannya Taichi –dan hubungan ketiga tampaknya mulai disentil-sentil dalam bagian pertama ini.

Yah, kebanyakan dari kalian mungkin akan berharap ending-nya akan berbeda (dari Digimon Adenture 02): Taichi berakhir dengan Sora. Akan tetapi, pengenalan tokoh baru bernama Meiko mungkin akan tidak akan mengubah ending karena sepertinya Taichi akan mulai di-pair-kan dengan cewek yang satu ini.

digimon-tri5
Perkenalan karakter baru – Meiko

Desain karakter bukanlah sesuatu yang spesial. Ketika pertama kali desain karakter muncul, para fans pun bereaksi keras dengan menghujat karena dianggap “copy-paste” dan bahkan ada yang sampai bikin desain karakter tandingan, hingga membuat petisi supaya desain diubah. Memang, desain karakternya tidak ‘Wah!’, tetapi hal itu sendiri tertutupi oleh animasi battle Digimon Adventure Tri yang ‘Wow!’

Pertarungan yang disajikan nampak lebih apik, walaupun diawal episode durasinya hanya sebentar namun hal ini jadi satu pertanda bahwa didalam serial ini akan banyak pertarungan-pertarungan yang menjanjikan dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Digimon 6
Adegan saat Agumon melawan Kuwagamon

Nampaknya akan masih banyak lagi hal-hal baru yang akan kita temui, mulai dari cerita romance, persahabatan, dan berbagai pertempuran dari serial Digimon Adventur Tri ini, mengingat baru tayang 1 capter atau 4 Episode masih ada 5 capter dan 20 Episode lagi yang masih kita tunggu-tunggu perilisannya, rencana untuk capter ke-2 akan di tayangkan awal 2016 mendatang. Jarak yang terlalu jauh dibandingkan dengan perilisan serial anime yang lain namun hal itu nampaknya takkan menjadi masalah yang berarti bagi fans-nya.

  • KOGA ABARAI

    Secara grafis pewarnaan nya keren, tapi agak kaku aja

    :3