Setelah mengumumkan perilisan album terbaru berjudul flow, Swinging Popsicle yang juga genap berusia 20th ini, secara ekslusif memberikan saya dan Akiba Nation kesempatan untuk mendengarkan album flow mereka ini untuk direview. Sebelumnya kalian juga bisa mendengarkan teaser dari track-track pada album mereka  melalui website resmi 20th anniversarry Swinging Popsicle.

Dan mendapatkan kesempatan untuk mendengar album mereka secara langsung adalah hal yang sangat berharga, maka kami tidak menyia-nyiakan hal ini. Dan hasilnya pun, setelah mendengarkan secara penuh album ini tak mengecewakan sama sekali. Dengan balutan musik yang ringan, 6 track yang ada di album ini mampu membuat kita terbawa dengan suasana folk yang cenderung jadul, tapi sangat nyaman didengarkan.

Berikut adalah sedikit review track by track dari album flow dari Swinging Popsicle

Track 1 Seseragi

Album yang dibuka dengan sebuah track dengan tempo yang mampu membuat kita menggoyangkan kepala kita ini, memberikan kita gambaran secara garis besar album ini sepertinya akan membawa suasana christmas yang kental. Meskipun dengan tempo yang tidak terlalu cepat Seseragi, yang juga dapat diartikan ‘celotehan’ ini, mempunyai nada yang seakan membawa senyuman ke wajah kita.

Berikut teaser nya,

Track 2 Small Blue Sailboat

Dan track ke dua dari Album flow, lebih memberikan kemeriahan dengan irama country dan lirik full English. Meskipun dengan lirik full English, lagu ini masih sangat kental dengan nuansa J-Pop dengan nadanya yang khas. Swinging Popsicle juga masih menunjukan trademark dengan karakter vokal dan progresi chord ala J-pop.

Track 3 mobile phone

Mungkin dari dua track sebelumnya, mobile phone, bisa jadi track mereka yang paling tidak terasa J-Pop nya dan lebih kental rasa western nya. Meskipun beberapa aksen dari sang vokal masih terasa, namun dari segi nada melodi, dan musik secara keseluruhan lagu ini sudah tidak memiliki rasa Japanese didalamnya. Namun jika kalian suka light music, atau musik yang easy listening seperti ini, kalian mungkin tidak akan kecewa. Mungkin sebagai contoh musik yang setipe dengan Swinging Popsicle di Indonesia ini adalah band Mocca.

Track 4 at Christmastime

Dan benar memang perilisan album di bulan Desember, lalu suasana musik didalamnya, dan juga track yang satu ini at Christmastime, seoertinya album ini juga didesain agar mendapatkan suasana Natal dan ciri khasnya seperti salju, dan berkumpulnya kita dengan orang yang kita sayangi. Dari segi musik sendiri, at Christmastime, malah sangat kental dengan suasana J-Pop yang sangat Jadul sekali, kita seperti mendengar sebuah lagu yang dirilis di tahun 80 atau 90an, dan hal tersebut semakin menambah suasana nostalgia dan kenangan akan orang yag kita sayangi.

Track 5 I”ll Be There (Jacksons 5 Cover)

Bahkan di Track ke 5 kita semakin dibuat nostalgia dengan sebuah tembang lawas yang di Populerkan Michael Jackson dan saudara-saudaranya I’ll be there. Lagu berikut ini memang sangat memorial, ditambah dengan nuansa folk yang diberikan oleh Swinging Popsicle, saya rasa bagi kalian yang suka dengan lagu easy listening, track ini akan berputar-putar di playlist anda selama beberapa minggu ke depan.

Track 6 Ribbon

Dan album ini pun ditutup dengan sebuah Ballad yang sangat manis, Ribbon, masih memberikan suasana Damai dan menjadi penutup yang malah membuat kita ingin mendengarkan lagu ini berulang-ulang. Dari segi musik, suasana Desember masih sangat terasa, dengan sound effect seperti bel dan irama yang mendayu dari ketukan 3/4 sangat cocok menghangatkan, dingin nya salju dan musim dingin.

Overall album ini memberikan kita kesan suasana Natal dan Musim DIngin, dengan balutan musik-musik yang easy listening. Dan untuk saat ini mungkin album ini baru bisa anda dapatkan melalui amazon dengan harga sekitar 2,300 yen. Bagi saya album ini album yang sangat menarik dari sebuah kelompok musisi yang sudah berkarya selama 20 tahun, dan masih mempertahankan konsistensinya dari segi musik dan ide, ditengah munculnya banyak sekali artis baru dengan berbagai macam jenis genre yang beredar saat ini. Jadi Swinging Popsicle bisa menjadi rekomendasi yang sangat menarik bagi kalian yang ingin mendengarkan otentisitas dari sebuah karya oleh musisi yang berusaha bertahan di gelombang musik mainstream.