Negara Jepang terkenal akan teknologinya, dan salah satu teknologi Jepang yang paling dikenal dan keren adalah robot. Tak hanya mecha dalam dunia fiksi, yang beberapa telah direalisasikan, tapi sudah ada beberapa robot yang asli juga di Jepang. Dan bicara soal robot asli tersebut, sebuah restoran ramen terkemuka di Jepang dengan nama Kourakuen dikabarkan akan mulai memakai robot sebagai pelayan restoran tersebut.

Yup, Pelayan Robot, kata yang terasa begitu sci-fi dan mungkin lebih terasa seperti angan-angan, tapi restoran ramen Korakuen benar-benar akan memiliki pelayan robot asli yang akan melayani pesanan makanan disitu, yang diberi nama K-1.

Robot pelayan K-1 memiliki desain yang memang tak seperti manusia, tapi tetap sangat berfungsi untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh robot itu, untuk mengantarkan makanan dan minuman dari dapur sampai meja pelanggan.

Robot itu didesain seperti tabung dengan bagian tengah yang kosong terbuka yang dibuat sebagai rak agar bisa membawakan berbagai makanan dan minuman. Bagian “kakinya” adalah roda yang mulus bergerak, dan ia dilengkapi sensor agar bisa mendeteksi halangan di sekitarnya dan menemukan jalur untuk bergerak ke meja pelanggan.

Ada sisi yang imut juga dari desain itu, dengan K-1 juga memiliki “wajah” yang sederhana dengan mata kotak biru, dan ia juga bisa berbicara untuk menginstruksikan agar pelanggan dapat mengambil makanan yang mereka pesan, dan untuk menyentuh kepala sang robot agar ia otomatis bergerak untuk kembali ke dapur lagi.

Ide canggih ini menjadi sesuatu yang pas akan situasi pandemik virus corona yang mendorong untuk mengurangi kontak fisik yang dekat agar mencegah penyebaran virus tersebut. K-1 dikatakan didesain tak hanya agar tak ada kontak fisik antar manusia, tapi juga untuk membantu restoran yang kekurangan staff karena alasan yang sama.

Restoran Kourakuen akan mulai memakai servis dari K-1 mulai minggu depan, dimulai dari cabang Motomiya mereka di Prefektur Fukushima, yang merupakan kampung asal restoran tersebut. Hebat sekali ya teknologi di Jepang…