Bagi para saudara muslim, memilih makanan yang halal tentu sangat diutamakan. Saat ada di sekitar rumah mungkin sangat gampang untuk menemukannya. Namun saat sedang perjalanan jauh –entah untuk bekerja atau berwisata– apalagi di luar negeri yang memiliki beragam budaya pasti agak susah memilih makanan tersebut. Termasuk bila akiba-chan dan akiba-kei muslim yang lagi ke jepang atau pengen ke jepang. Mencari list restoran halal di jepang sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja keberadaannya tidak sebanyak restoran umum.

Baca Juga: 10 Resep Appetizer Jepang Mudah dan Anti Gagal #Part 2

Nah untuk itulah, kali ini mimin akan memberikan sugesti restoran halal di jepang yang bisa kalian kunjungi saat liburan. Jadi tidak perlu ragu dan bingung lagi. Nggak usah takut kelaparan juga. 😀 Mari kita mulai dengan kota Osaka. Kota dengan banyak destinasi wisata menyenangkan ini ternyata juga terkenal sebagai kota yang friendly terhadap muslim lho. Karena Osaka menyumbang cukup banyak keberadaan restoran halal di jepang. Terhitung lebih dari 25+ restoran halal ditemukan di Osaka, termasuk yang khas arabian dan vegetarian.

Namun pada artikel ini mimin akan membahas restoran yang khusus menyediakan makanan authentic jepang (washoku/和食) dan menyandang sertifikat halal. Apa sajakah restoran halal di jepang wilayah osaka? Berikut list nya:

 

1. Ramen Honolu

Restoran ramen ini didirikan pada tahun 2015. Sang owner mengatakan ia ingin menyajikan lezatnya ramen khas jepang bagi para saudara muslim tanpa membuat mereka ragu. Bahan yang digunakan pada salah satu restoran halal di jepang ini merupakan bahan-bahan pilihan. Yang sudah diseleksi dan dipantau oleh Japan Halal Support Committee. Selain itu, hampir seluruh pegawai Ramen Honolu merupakan muslim. Dan didalamnya terdapat pula ruang khusus untuk beribadah bagi para customer.
Alamat: 1F, 2-5-27 Motomachi, Naniwa-ku, Osaka-shi | Jam buka 11:30 – 21:00

 

2. The U-don

Masih nggak jauh beda dengan resotoran diatas, The U-don (atau yang biasa ditulis ざ・U-don) adalah restoran muslim-friendly. Kalau akiba-chan dan akiba-kei tidak begitu suka dengan kuah ramen yang kental bisa nih coba makan Udon. Karena kebanyakan kuah udon lebih ringan dan nyegerin. The U-don sendiri merupakan restoran halal di jepang yang telah diakui kehalalannya oleh berbagai negara berbasis muslim termasuk Konsulat Malaysia. Soal harga juga tidak perlu dikhawatirkan. Menu The U-don termasuk ramah di kantong.
Alamat: Kansai International Airport Terminal 1 2F, 1 Senshukukoukita, Izumisano-shi | Jam buka 8:00 – 22:00

Baca: Menjajaki Lezatnya Hidangan di EBISU Resto Mercure Hotel Surabaya

 

3. Ukihashi

Ukihashi merupakan salah satu restoran halal di jepang yang terletak di dalam hotel Granvia. Restoran ini termasuk restoran mewah namun dapat menyajikan jaminan makanan halal bagi muslim travelers. Berbeda dengan Honolu dan The U-don, Ukihashi lebih banyak menyediakan pilihan menu sangat tradisional. Makanan yang benar-benar khas jepang dan biasanya dijual dalam satu set.
Alamat: 19F 3-1-1 Umeda, Kita-k, Osaka-shi | Jam buka mengikuti hotel

 

4. Genji

Nah kalau restoran halal yang satu ini menyediakan berbagai macam menu grill. Dan memiliki pilihan yang lebih beragam. Bagi akiba-chan dan akiba-kei yang suka makanan berdaging boleh lah mampir ke Genji (ヒルトン大阪 源氏 ). Banyak olahan daging yang bisa kalian nikmati. Dan tentu saja pork free. Genji pun hanya memakai wagyu bersertifikat halal, yakni brand “Ushi”. Cuman mungkin kalian harus menyiapkan uang lebih. Mengingat harga daging di jepang bikin seret kantong. Hehe
Alamat: Hilton Osaka 3F, 1-8-8 Umeda, Kita-ku, Osaka-shi | Jam buka mengikuti hotel

 

5. Sojibo

Letaknya berada di dalam Bandara. Sojibo (そじ坊) menjadi restoran halal di jepang yang mudah dijangkau dan sangat ramah di kantong dengan menyediakan berbagai macam soba. Sojibo telah memiliki sertifikat kelayakan dan uji kehalalan. Selain itu yang jadi nilai plus, bila toko ini penuh, kalian bisa mencari alternatif restoran sejenis ini dengan bertanya pada pelayan.
Alamat: Kansai International Airport Passenger Terminal 3F, 1 Senshukukoukita, Izumisano-shi | Jam buka 7:00 – 22:00

 

6. Tsuki No Odori

Kalau restoran halal di jepang yang satu ini merupakan restoran yakitori. Tempatnya di daerah Dotonbori, Osaka. Dibanding dengan restoran lain, bisa jadi Tsuki No Odori (月のおどり) merupakan yang tertua. Sebab, retoran ini telah dibangun lebih dari delapan puluh tahun yang lalu. Meskipun sudah hampir menyentuh seabad, menu dari Tsuki No Odori tetap terjaga kelezatannya. Dan menurut beberapa penikmat setia mereka, citarasa khas masakannya tidak berubah.

Hal ini dikarenakan Tsuki No Odori punya resep rahasia yang diwariskan secara turun temurun. Oh iya, akiba-chan dan akiba-kei pasti tau kan kenapa restoran ini halal? Yup, karena hanya menyediakan varian yakitori saja. Selain itu mereka juga telah bersertifikat halal. Harganya? Oke banget. Dengan kisaran 80 yen per biji, kalian bisa menikmati berbagai varian yakitori tanpa merasa bosan dan ngabisin banyak uang.
Alamat: 24K building 2F, 1-1-11, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi | Jam buka 16:00 – 24:00

 

7. Bulls

Restoran Bulls menyediakan aneka olahan daging (肉バル) dan Sukiyaki. Seperti beberapa restoran diatas, Bulls juga menyatakan pork free sehingga aman dikunjungi oleh akiba-chan dan akiba-kei yang muslim. Namun demikian, karena bentuknya mirip bar, Bulls masih menyediakan minuman beralkohol seperti sochu/sake bagi pengunjung non-muslim dengan cara request. Jadi kalau kalian ingin makan disini ada baiknya memilih minuman yang friendly semacam oolong tea atau jus. Selain halal kan juga bisa hemat duit. Hehee
Alamat: OCAT Bld. 5F, 1-4-1 Minatomachi, Naniwa-ku, Osaka-shi | Jam buka 11:00 – 22:00

 

8. Matsuri

Restoran Halal di Jepang

Nah kalau restoran halal di jepang yang satu ini masih tergolong baru. Berdiri sekitar pertengahan tahun 2016. Tapi jangan khawatir, meskipun belum memiliki sertifikat resmi, tetapi restoran ini sudah diakui termasuk restoran yang ‘aman’ bagi para muslim. Sesuai namanya, restoran Matsuri (祭) menyediakan menu yang lebih beragam ketimbang restoran lain yang punya signatur khusus. Dan yang paling menyenangkan, mereka menyediakan snack-snack khas jepang dalam list halalnya.

Misalnya yang paling populer dari Matsuri adalah Takoyaki, Okonomiyaki dan Yakisoba. Tentu saja dengan harga masuk akal. Jadi buat akiba-chan dan akiba-kei yang suka jajan ketimbang makan berat wajib banget mampir kesini.
Alamat: 3-27-17 Yoshino, Fukushima-ku, Osaka-shi | Jam buka 11:00-14:00 dan 17:00-24:00

Itulah beberapa restoran halal di jepang wilayah Osaka.

Akiba-chan dan akiba-kei dapat mengunjunginya saat melancong. 😀 Next artikel mimin akan memberikan informasi restoran halal di wilayah lainnya, jadi jangan sampai kelewatan yaaa 😀

Comments

Loading...