Siapa yang nggak suka sama beruang cokelat bernama Rilakkuma yang sudah sering banget jadi icon moe dimana-mana? pasti suka semuanya donga ya, hehe. Buat kalian yang demen banget sama si beruang ini nih, mimin mau bagi-bagi sedikit resep yang mimin temukan pas lagi berselancar di dumay 😀 Lumayan buat melengkapi koleksi kalian para fans berat Rilakkuma, karena resep ini terbilang gampang dan nggak banyak memerlukan bahan, cukup siapkan ketelatenan dan charge penuh semangat untuk membuatnya. Resep yang mau mimin bagi kali ini bukan resep bentou ya, tapi lebih ke cemilan (?) yang pas banget disantap waktu hujan-hujan gini. Atau bisa juga disajikan sebagai pelengkap teh manis di pagi hari :3

Namanya Rilakkuma Mitarashi Dango, pertama kali di publish oleh Yu-san melalui website pribadinya. Kalau mimin lihat sih, Yu-san ini merupakan blogger masakan yang aktif dan sangat menggemari Ghibli dan benda-benda cute. Buktinya nih banyak resep dari dia yang mengandung ke-moe-an tingkat tinggi. Seperti resep yang satu ini 😀

 

BAHAN

Base Dango:
Tepung beras . . . . . . . . . . . . . . . . . . 50g
Tepung beras shiratamako. . . . . . . 50g (bisa diganti tepung ketan)
Air . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 74ml

Saus Mitarashi:
Kecap . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2 Sendok Makan
Gula Merah . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  4 Sendok Makan
Mirin . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5 Sendok Makan
Air . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4 Sendok Makan
Bubuk Kentang . . . . . . . . . . . . . . . .  1 Sendok Makan (campur dengan satu sendok air dingin)

Hiasan:
Nori . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1 Lembar
Telur . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  1 Butir
Keju . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2 Lembar

 

CARA MEMBUAT

1 – Siapkan panci berukuran sedang. Campurkan semua bahan saus mitarashi kecuali bubuk kentang lalu panaskan sampai mendidih dalam api besar, ini akan menghilangkan kadar alkohol dalam mirin. Setelah mendidih tambahkan bubuk kentang yang telah diencerkan dengan air.

MitarashiRilakkuma6570

2 – Setelah itu aduk aduk terus saus tersebut sampai semuanya tercampur sempurna. Bentuk akan terlihat kental dan shiny. Setelah itu matikan, diamkan sembari membuat dango nya.

MitarashiRilakkuma6574-copy

MitarashiRilakkuma6775

3 – Campur semua bahan untuk base dango, uleni dengan tangan sampai adonan kalis. Jika terlalu kasar dan belum bisa dibentuk tambahkan air sedikit demi sedikit.

MitarashiRilakkuma6593-copy

4 – Mulai bentuk bulatan – bulatan besar dan kecil. Lalu satukan. Yang bear untuk kepala dan yang kecil untuk bagian telinga. Inilah alasan kenapa adonan harus kalis dan cukup lengket untuk ditempelkan satu sama lain, supaya nanti saat direbus bentuknya tidak hancur.

MitarashiRilakkuma6601

6 – Masukkan adonan dango yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih dengan api kecil. Rebus sampai adonan itu mengambang. Tips: hati-hati saat mengangkat adonan yang telah matang, salah sedikit hancur sudah bentuknya 😀

MitarashiRilakkuma6631-copy

7 – Tusuk tiga sampai empat adonan matang dengan tusuk sate. Lalu diamkan sebentar.

MitarashiRilakkuma6637

8 – Dekorasi. Dadar telur yang sudah disipakan untuk membentuk kupingnya. Potong nori untuk bagian mata dan hidungnya. Untuk bagian mulut, pergunakan Keju yang bisa dicetak dengan bentou mold atau gunting biasa. Note: sisihkan dekorasi ini. Langsung lanjut ke step selanjutnya.

MitarashiRilakkuma6778 MitarashiRilakkuma6776

9 – Dango yang sudah lumayan dingin disiram dengan saus pelan-pelan, bisa beberapa kali siram jika ingin menghasilkan warna yang lebih pekat. Setelah disiram baru letakkan dekorasinya. Gunanya supaya bentuk dekorasinya tidak bergeser karena tersiram saus. Dan saus berguna sebagai perekat.

MitarashiRilakkuma6666

10 – Tadah! Sudah jadi! 😀

MitarashiRilakkuma6910