Nyobain resep masakan dari anime? Siapa takut! 😀 kali ini ada resep makanan anime yang bisa banget jika mau kamu bikin di rumah nih.  Tentunya akiba-chan dan akiba-kei pasti tahu donk dengan anime ice skating  yang pernah booming banget di tahun 2016 lalu. Yup apa lagi kalau bukan anime Yuri On Ice !!

Nah, dianime ini ada makanan yang unik banget dan kayak nya enak banget tuh kalau dijadiin secara real. Pasti akiba-chan dan akiba-kei yang nonton Yuri on ice sampe habis pasti tahu donk  roti yang muncul dalam salah satu episode di Yuri On Ice. Mimin kasih clue ya..  makanan ini muncul kira-kira diepisode 9 dalam serial anime nya, dan merupakan salah satu makanan favorite nya Yuri P atau Yurio.  Sudah tahu jawabannya?

Katsudon Piroshki. Makanan ini merupakan hasil kolaborasi antara roti khas Rusia yang bernama Piroshki dengan masakan Jepang yang udah sangat terkenal banget yaitu Katsudon. Jika pada umumnya piroshki itu adalah roti isi daging, maka di Katsudon Piroshki ini isinya bukan daging biasa melainkan kasudon lengkap dengan nasinya. WOW!! Dari pada penasaran yuk kita liat resepnya:

Bahan – Bahan Piroshki ala Yuri On Ice:

Adonan Piroshki

  • Ragi Kering Aktif (½ Sdm)
  • Air dan susu (½ cangkir)
  • Minyak (1 Sdm)
  • Gula + sedikit untuk taburan ragi (2 Sdt)
  • Tepung (2 ¼ cangkir)
  • Minyak untuk menggoreng

Tonkatsu

  • Daging babi / bisa coba diganti daging sapi (500gr)
  • Garam dan merica secukupnya
  • Telur dikocok (1 butir)
  • Remahan roti panko (½ cangkir)
  • Minyak untuk menggoreng

Katsudon

  • Air (1 cangkir)
  • Bubuk Dashi (1 Sdt)
  • Aji Mirin (4 Sdm)
  • Soyu (2 Sdm)
  • Gula (2 Sdm)
  • Bawang bombay potong tipis (1 buah)
  • Telur (8 butir)
  • Nasi putih (2 cangkir)
  • Kacang polong

Cara Membuat :

Untuk Adonan Piroshki

1 – Taruh ragi dalam sebuah wadah besar. Campurkan air dan susu lalu panaskan sekitar 45 detik. Campurkan bahan air dan susu ini ke dalam ragi, taburkan sedikit gula, dan tunggu sampe 15 menit hingga mulai berbusa. Tambahkan 1 sdm minyak, 2 sdt gula, garam dan tepung. Campur secara perlahan hingga adonan menjadi satu dan tidak lengket.

2 – Taburkan sedikit tepung di tangan dan mulai uleni adonan dalam wadah tadi sampai teruleni dengan baik. Lalu tutup wadah dengan plastic wrap dan diamkan di tempat yang hangat kurang lebih satu jaman.(Trik: nyalakan oven kamu di suhu hangat selama 1 menit, lalu matikan. Masukkan adonan ke dalam oven). Taburkan tepung ditangan kamu lagi dan mulai lah menuleni kembali adonan. Campur dengan kecepatan yang rendah kurang lebih selama 1 menit lalu tutup dan uleni kembali di jam yang berbeda. Nah selama menunggu proses uleni lagi kita siapkan isinya.

Untuk Tonkatsu

3 – Siapkan wajan yang cukup besar dan mulailah memanaskan minyak hingga 350ºF. Iris daging dengan tipis lalu taburkan sedikit garam dan merica pada kedua sisinya. Ambil tepung, telur yang sudah dikocok, dan remahan roti panko di wadah yang berbeda. Masukkan tiap potong daging pada tepung, lalu masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan terakhir lapisi dengan remahan roti panko.

4 – Gorenglah beberapa potongan daging yang sudah dilapisi tepung. Pastikan kamu tidak memasukkannya terlalu banyak. Goreng hingga berwarna kuning keemasan dan sampai krispi sekitar 4-5 menit. Jangan lupa untuk menggorengnya pada panas yang stabil ya dan jangan menggunakan api besar ketika menggoreng agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan pada tempat yang sudah terlapisi tisu dapur.

Bagian Katsudon

5 – Siapkan wajan kecil dan panaskan, campurkan seluruh bahan. Didihkan hingga bawang menjadi lunak, jangan lupa untuk aduk sesekali. Potong tonkatsu menjadi horizontal strip, usahakan agar katsudon yang terpotong tetap menjadi satu bagian yang sama. Letakkan 2 katsudon yang sudah erpotong dalam wajan, lalu masukkan telur masing-masing di atasnya. Tutup wajan dan biarkan hingga telur benar-benar matang. Lalu tiriskan. Ulangi step ini dengan menambahkan bumbu saus dengan bawang, tonkatsu yang telah dipotong, lalu masak dengan telur hingga selesai.

Membuat Piroshki

5 – Panaskan minyak dalam wajan. Taburkan sedikit tepung ditangan dan tempat datar untuk meratakan adonan. Ambil sekitar 1 kepalan adonan lalu ratakan di tempat yang sudah ditaburi tepung. Giling adonan sekitar 4 ½” x 6” (tak perlu harus sama persis dengan ukuran, yang penting pastikan adonan rata dan tidak terlalu tipis)

Letakkan 1 sdm nasi, di tengah adonan, lalu tambahkan kacang polong di atas nasi. Setelah itu letakkan katsu yang sudah terlapisi telur dan bawang. Jika potongan katsu terlalu panjang, kamu bisa memotongnya dan menggunakannya untuk piroshki berikutnya.

Tambahkan telur dan juga bawang lagi jika dibutuhkan dan kamu juga bisa menambahkan 1 sdm nasi lagi dengan tambahan kacang polong. Kamu juga bisa menambahkan sedikit sisa saus yang sudah kamu buat tadi. Tarik pinggiran adonan dan cubit pinggir adonan hingga menutup. Dengan hati-hati angkat piroshki dan bentuklah dengan hati-hati agar bentuknya menyerupai kentang. Ulangi proses ini hingga semua katsu menjadi satu dengan adonan piroshki.

6 –
Tahap yang terakhir. Masukkan satu atau dua piroshki kedalam wajan yang sudah dipanasi minyak. Goreng piroshki hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Jangan lupa untuk memastikan agar kedua sisi telah masak dengan sempurna. Angkat piroshki yang sudah matang lalu tiriskan. Hidangkan selagi hangat dengan tambahan sedikit saus tokatsu.

Yuri On Ice

Yosh, Katsudon Piroshki ala Yuri On Ice telah siap dihidangkan. Selamat Mencoba! Jangan lupa bagi bagi sama mimin yaaa 😀

Comments

Loading...