Himouto! Umaru-chan! (干物妹!うまるちゃ) Mungkin sudah menjadi suplay diabetes tersendiri bagi para pecinta loli dan pemuja kemoean. Karena animenya sudah tamat, mat, mat,… sepertinya bakalan seru jika ada sesuatu yang berhubungan dengan umaru-chan yang bisa dilihat dan dirasakan tiap hari 😀 widih, jangan salah sangka dulu kawan. Kali ini kita mau ngomongin tentang makanan kok, mimin pengen berbagi ilmu cara mudah bikin miniature Umaru-chan yang simple dan ngegemesin, plus nggak ngabisin banyak duit. Hehe

Dari pada disebut obentou, resep kali ini lebih cocok disebut dekorasi bentou nya kali ya, karena porsinya ngak begitu gede. Tapi soal efeknya ke pecinta Umaru-chan, tentunya lumayan mengena lah, hehe. Wajah Umaru yang cantik moe gemesin gimana gitu pasti bakalan membuahkan rasa bahagia tersediri. Dan bisa mencharge semangat di saat menyantapnya seusai melakukan berbagai aktivitas melelahkan. Resep ini ditulis oleh Tsukino Shizuku-San yang biasa menerbitan tips-tips dan resep memasak ala anime di situs animeanime.jp. Yuk deh, ga perlu banyak omong lagi, kita langsung praktek aja 😀

BAHAN

Untuk membuat chibi Umaru-chan ini kalian memerlukan bahan sebagai berikut:

  • Tahu Aburage 4 lembar (Tahu tipis yang digoreng kecokelatan, biasanya untuk Kitsune Udon atau Oden)
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Shoyu 2 sendok makan
  • Mirin 1 sendok makan (boleh skip bagi yang tidak suka atau diganti kaldu/masako)
  • Kaldu dashi ½ sendok makan
  • Air 200cc
  • Cuka ½ sendok the
  • Nori 1 lembar
  • Ham 1 lembar

CARA MEMBUAT

1 – Pertama, potong tahu aburage menjadi dua bagian sama besar, kira-kira cukup besar untuk membungkus satu inarishushi. Tahu ini dipotong supaya mudah dibentuk. Sisihkan menjadi dua bagian. Lalu rebus satu bagian tahu tersebut dengan air sampai mendidih. Perebusan ini supaya warna cokelat dari penggorengan minyak pudar dan memucat. Tahu aburage yang direbus dalam air ini nantinya akan menjadi rambut Umaru-chan.

72031

2 – Siapkan mangkok/panci lain, campur gula, shoyu, dan mirin. Masukkan sisa bagian tahu aburage tadi. Didihkan sebentar supaya warna tahu lebih cokelat pekat. Aburage yang ini nanti akan digunakan sebagai mantel Umaru-chan.

72032 72033

3 – Jika tahu aburage sudah siap, sisihkan. Ambil sekepal nasi, campurkan dengan cuka. Lalu bentuk bulat memanjang. Potong sisi pinggir tahu cokelat pekat seperti yang terlihat dalam gambar. Nasi ini akan menjadi bahan dasar tubuh Umaru dan tahu aburagenya sebagai mantel. Jangan lupa menggunakan sarung tangan plastic supaya tetap bersih. Hehe.

72034

4 – Bungkus nasi dengan tahu aburage yang sudah dilubangi.

72035

5 – Potong nori dengan gunting membentuk mata dan alis, sedangkan untuk bibir dan blushing di pipi gunakan irisan ham. Lalu tempelkan di nasi yang sudah dibentuk tadi. Potong bagian kanan kiri kepala mantel supaya terlihat seperti telinga. (lihat gambar). Tadah! Umaru-chan siap dibawa untuk bekal penambah semangat di hari kelabu mu! 😀

72030

Nah, gimana? Mudah kan? Cuma modal waktu kurang dari sepuluh menit kalian bisa membuat dekorasi obentou yang moe untuk bekal setiap hari. Sebagai variasi kalian bisa juga menambahkan macam-macam isian di nasinya. 😀