Jepang adalah negara yang kaya akan kulinernya. Mulai dari makanan ringan, porsi sedang maupun besar, hingga sesuatu yang unik dan membuat kita tercengang. Di antara makanan Jepang yang terkenal ada Sushi, Ramen, Oyakodon, Donburi, dan lain-lain. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makanan ringannya. Ada 5 resep gorengan khas Jepang yang bakal Akiba Nation sajikan bagi Minasan di rumah yang doyan ngemil! 😀

Selain mudah bikinnya, Minasan juga dijamin deh enggak bakal kesulitan cari bahan-bahan untuk membuat 5 resep gorengan khas Jepang berikut ini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengisi waktu luang yang ada dengan memasak camilan asal Negeri Bunga Sakura. Yah, anggap saja sembari belajar memasak daripada melakukan sesuatu yang tidak berfaedah. Semisal, guling-gulingan seharian di atas kasur. Hahaha… 😀 Oke deh, langsung simak resepnya di bawah ini!

1. Tempura Udang

Sebenarnya sih Tempura lebih mengarah ke makanan ringan khas Jepang yang perpaduannya berupa sayur-mayur, hewan laut, dan tanaman kering yang dicelupkan ke adonan tepung bercampur kuning telur dan kemudian digoreng. Namun, pada kali ini yang dipakai adalah udang saja tanpa perlu tambahan lainnya. Walaupun terlihat sederhana, nyatanya rasa yang dihasilkan Tempura Udang bisa membuat perasaan Minna bahagia!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk resep gorengan ini meliputi 250 gram udang segar pilihan yang berukuran lumayan besar, 100 gram tepung terigu, tepung maizena secukupnya, 1/2 sdt soda kue, 1/4 sdt garam, 1 buah kuning telur, 200 ml air dingin, dan minyak goreng untuk menggoreng udangnya nanti.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama buat adonannya, campurkan tepung terigu dengan soda kue dan garam hingga merata. Lalu kocok kuning telur dan masukan air dingin di wadah yang berbeda. Setelah selesai, tuang campuran tepung ke dalamnya, aduk menggunakan sumpit kurang-lebih 10 kali. Triknya Akiba-chan dan Akiba-kei harus menjaga adonan agar tetap dingin. Hal ini akan membuat perbedaan yang besar pada tekstur adonan ketika digoreng nanti.

Ambil tepung maizena yang sebelumnya sudah disiapkan dan taburkan pada udang yang sudah dibersihkan, lalu celupkan udang ke dalam adonan tepung hingga semua bagiannya terlumuri kecuali bagian ekor. Goreng deh udang berbalut tepungnya kurang lebih 2-3 menit hingga berwarna keemasan. Teng-teng-teng, makanan telah jadi! Sajikan dengan saus tomat dan mayones. Tempura Udang siap disantap!

 

2. Gyoza Goreng

Gyoza wujudnya agak mirip dengan dimsum khas China, namun Gyoza Jepang punya ciri khas sendiri karena cara masaknya ada yang digoreng. Minasan boleh coba masak yang satu ini buat camilan di rumah. Resep gorengan khas Jepang satu ini emang paling disukai. Kuy, langsung gulir saja ke bawah!

Bahan-bahannya mencakup 20 lembar kulit pangsit, 100 gram daging sapi cincang, 1 batang daun bawang yang diiris halus, 1 siung bawang putih yang diparut, 1 sdt minyak wijen, 1 kuning telur ayam, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt garam, dan tak apalagi kalau minyak goreng secukupnya? Of course!

Cara membuat Gyoza pastinya gampang dong, pertama gunting kulit pangsit hingga berbentuk bulat berdiameter 8-10 cm, kemudian campur semua bahan selain kulit pangsit untuk dijadikan isinya. Proses selanjutnya bisa ditebak, masukkan adonan isi sebanyak 1 sdt pada tiap lembar kulit pangsit. Lipat jadi dua lalu lipat semua sisi lipatannya hingga berbentuk setengah lingkaran mirip pastel. Lantas cemplungkan dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Agkat dan tiriskan. Gyoza siap disantap!

 

3. Chicken Kaarage

Resep gorengan khas Jepang.Chicken Kaarage merupakan salah satu resep goreng khas Jepang yang terkenal berupa ayam goreng renyah ala Negeri Matahari Terbit. Kamu bisa ubah resep Chicken Kaarage dengan bumbu Nusantara, lho. Rasanya tidak kalah enak! Mantap deh pokoknya. Ayo cermati di bawah ini.

Bahan-bahannya mungkin agak banyak, tapi kalau diniatkan pasti dapat semua kok. Gampang dicarinya. Bahan-bahan Chicken Kaarage meliputi 1/2 ekor ayam yang sudah dipotong-potong menjadi ukuran kecil, 1 1/2 sdt jahe parut, 2 siung bawang putih yang dihaluskan, 2 sdm kecap asin, 2 sdm gula jawa yang disisir, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt kaldu bubuk, 2 sdt cabai bubuk, 1 butir telur yang dikocok, 6 sdm tepung maizena, 3 sdm tepung sagu, dan minyak goreng secukupnya.

Baca juga: Turis Malaysia Bikin Onar di Penginapan Osaka, Bikin Orang Jepang Geram!

Ini dia, cara membuatnya segampang Tempura Udang walaupun bahan-bahannya agak banyak! Pertama cuci bersih ayam, tiriskan hingga benar-benar kering. Masukkan ayam ke mangkuk, tambahkan jahe parut, bawang putih, kaldu bubuk, garam, kecap asin, cabai bubuk, dan gula jawa. Tekan-tekan ayam biar bumbunya meresap, lalu tutup permukaan mangkuk dengan plastik penutup dan diamkan di kulkas selama beberapa waktu.

Sementara itu campurkan tepung maizena dan tepung sagu di mangkuk, masukkan ayam tadi ke dalam campuran tepung tersebut. Bolak-balik ayam hingga seluruh permukaannya terbalut tepung. Pecahkan satu butir telur di mangkuk dan kocok. Angkat ayam kemudian celupkan ke telur. Taruh kembali ayam ke tepung hingga telur terbalur tepung, usahakan agar tepung menempel padat. Panaskan minyak yang cukup banyak di wajan, goreng ayam hingga cokelat keemasan. Terakhir tiriskan dan lahap selagi panas.

 

4. Kakiage

Resep gorengan khas Jepang.Ini nih Bala-bala asal Negeri Bunga Sakura! Namanya Kakiage, sangat mirip dengan Bala-bala khas Indonesia. Terbuat dari sayuran dan tentunya nikmat buat jadi camilan di saat lapar melanda. Yuk, kita belajar memasak Kakiage yang gurih-gurih nyoi ini. 😀

Bahan-bahannya mencakup 1 buah wortel yang dipotong panjang tipis, 2 buah cabai hijau yang dipotong menyerong, 1 buah bawang bombay yang dipotong seperti biasa, 1 buah terong ungu yang dipotong panjang, 150 gram tepung terigu, 1 butir telur, 300 ml air es, 1/2 sdt soda kue, 5 sdm kecap manis, 3 sdm perasan jeruk nipis sebagai pengganti mirin (alkohol yang sering dipakai di masakan Jepang), 5 sdm air minum, garam-gula secukupnya, garam-merica secukupnya, dan tentunya minyak goreng.

Pertama kita bikin adonan tepungnya dulu, mudah banget kok, tinggal campur tepung terigu, telur, soda kue, tuang air es, dan beri garam serta merica. Kemudian untuk sambalnya juga sama, campur kecap manis, perasan jeruk nipis, tuang air minum, beri garam dan gula secukupnya, lalu didihkan sampai matang. Selanjutnya proses eksekusi Kakiage, campurkan semua sayuran ke dalam adonan tepung sampai rata, goreng sayuran dengan minyak panas sampai agak kuning kecokelatan.

 

5. Kani Roll

Resep gorengan khas Jepang.Kepengin resep gorengan seafood tapi tidak mau terlalu berbau amis? Hmm… kayaknya kamu mesti coba bikin Kani Roll deh.

Bahan-bahan untuk membuat Kani Roll di antaranya 1 lembar kulit tahu yang dicuci bersih dengan air dingin, 250 gram paha ayam fillet yang dicincang, 250 gram daging udang yang sudah digiling, 100 gram daging kepiting, 2 siung bawang putih yang dihaluskan, 3 tangkai kucai yang dicincang, 1 buah rebusan wortel yang dipotong kotak kecil. Kemudian untuk bumbunya ada 1/2 sdm kecap ikan, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, 1/2 sdt gula pasir, 1/2 sdm minyak wijen, 1/2 sdt perasan jeruk nipis, 1 sdm tepung, 1 sdm sagu secukupnya yang dilarutkan dengan 1 sdm air es.

Tahapan pertama pembuatannya adalah potong-potong kulit tahu bentuk kotak ukuran 20 × 20 sentimeter. Campurkan ayam, udang, kepiting, bawang putih, kucai, wortel, kecap ikan, garam, merica, gula pasir, minyak wijen, perasan jeruk nipis, dan larutan sagu. Aduk rata. Ambil selembar kulit tahu, isi dalamnya dengan campuran tadi, lipat kiri dan kanan, lalu rekatkan sisi-sisinya dengan putih telur, dan gulung hingga mirip lumpiah. Kukus di atas api menengah kurang-lebih 25 menit, angkat dan bekukan di dalam kulkas. Panaskan minyak, goreng sampai matang. Tinggal mamam deh. 😀

Nah itulah 5 resep gorengan khas Jepang ini yang bisa kamu buat untuk camilan sehari-hari. Oh iya, setelah dibuat juga bisa dibekukan dalam kulkas, jadi nanti tinggal digoreng saja. Gorengan kan enaknya dimakan selagi hangat. Selamat bereksperimen di dapur! 😉

Comments

Loading...
SHARE
Previous articleGile~ Winner Shonen Jump Ini Ternyata Bikin Manga Hanya Pake HP Lho!
Next articleLagu Hatsune Miku Torinoko City Menginspirasi Film Vocaloid Baru
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.