Nah akiba-chan dan akiba-kei. Kemarin kita sudah melihat 5 resep appetizer jepang yang gampang banget buat dipraktekkan. Sesuai janji, hari ini penulis bakal bagi lagi 5 resep appetizer jepang bagian akhir. Apa saja resep appetizer jepang mudah di part kedua ini? Yuk simak biar list resep masakan ala jepang nambah banyak:

1 – Renkon Chips

Sesuai namanya, masakan ini berbahan dasar akar teratai. Tau kan? kalau di negara-negara seperti china, jepang atau korea, renkon sangat sering muncul dalam masakan. terutama nabemono atau oden. Nah karena kali ini temanya appetizer. Nami-san selaku pemilik resep mencoba membuat masakan ringan sebelum menyantap hidangan utama.

Bahan:

  • 1 buah renkon (akar teratai)
  • cuka beras
  • minyak sayur
  • garam
  • aonori

Cara Membuat:

  1. Bersihkan renkon, lalu potong bulat tipis-tipis.
  2. Siapkan air dan cuka. Rendam irisan renkon ke dalam air cuka selama 5 sampai 10 menit. Angkat dan keringkan.
  3. Bila sudah benar-bear kering, siapkan minyak panas lalu goreng sampai berubah warna.
  4. Sajikan dengan menaburkan garam diatasnya.

 

2 – Hiyayakko

Males bikin agedashi tofu karena ribet gorengnya? Cobain deh resep tofu yang satu ini. Meskipun tergolong raw, tapi tetep enak dan bergizi kok.

Bahan:

  • 1 buah tahu sutera
  • 4 sendok makan katsuobushi
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sendok teh jahe
  • 2 sendok makan kecap manis

Topping:

  • Perilla, tomat, jagung, wakame, wasabi, pasta plum, mentimun jepang, dll

Cara Membuat:

  1. Potong tahu yang sudah di dinginkan (bida di dalam lemari es, bukan di freezer) menjadi 4 atau 6 bagian.
  2. Letakkan di piring saji. Lengkapi dengan topping lalu siram dengan kecap sesaat sebelum disajikan.

 

3 – Tuna Poke

Buat akiba-chan dan akiba-kei pecinta tuna. Appetizer golongan salad ini bisa jadi pilihan kalau bosen mengkonsumsi tuna dengan gaya biasa. Dijamin segar dan bikin semangat. 😀

resep appetizer jepang

Bahan:

  • 100 gram sushi-grade tuna
  • 1 buah avokado matang
  • perasan air lemon
  • 1 batang daun bawang
  • ½ sendok makan rumput laut

Bumbu:

  • 2 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok makan minyak cabai
  • garam
  • topping: wijen putih, sichimi togarashi

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan, potong tuna yg sudah bersih menjadi kotak-kotak kecil.
  2. Rendam rumput laut dengan air selama 3 – 5 menit. Keringkan lalu potong kecil-kecil.
  3. Potong avokado dan bubuhkan perasan air lemon.
  4. Tata semua bahan ke dalam wadah bersih dan masukkan bumbu nya. Aduk sampai merata.
  5. Sajikan saat masih fresh dengan menambahkan topping sesuai selera.

 

4 – Karaage

Khas banget nih. Selain bisa buat cemilan, karaage juga bisa dibuat lauk nasi lho. Lebih nikmat disantap bersama sup miso dan nasi hangat.

Bahan:

  • Setengah kilogram daging ayam
  • garam
  • black pepper
  • sepermepat
  • ¼ cup tepung kentang
  • ¼ cup tepung serbaguna
  • Minyak sayur
  • Lemon

Bumbu:

  • 1 ruas jahe
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sendok makan kecao
  • 1 sendok makan sake
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh  gula

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ayam lalu potong sama besar. Cukup besar untuk sekali gigit. Bumbui dengan garam dan black pepper lalu sisihkan ke dalam wadah.
  2. Haluskan jahe dan bawang putih. Campurkan kembali dengan ayam lalu tutup wadah dengan plastik wrap. Biarkan di dalam kulkas selama minimal 1 jam.
  3. Campurkan kedua jenis tepung, lumuri ayam dengan tepung lalu goreng ke dalam minyak panas. Masak 2 -3 pieces ayam kira-kira satu sampai dua menit saja. Lalu tiriskan. Lalukan sampai ayam habis.
  4. Siapkan kembali minyak panas baru (yang masih bersih) lalu sekarang masukkan semua ayam bersamaan. Goreng sampai berwarna kecokelatan.
  5. Sajikan dengan perasan air lemon selagi masih hangat.

 

5 – Asari No Sakamushi

Mengolah seafood tidak pernah semudah ini. Hanya dengan bumbu minimal bisa menghasilkan masakan yang maksimal lezatnya lho! Yuk coba bikin kerang sake berikut. Pas banget dimakan saat musim hujan yang dingin.

Bahan:

  • ¾ cup sake
  • 1 sendok makan jahe
  • 1 kg kerang (cari yang jenis Littleneck Clams)
  • 1 buah cabai merah
  • black pepper
  • 1 batang daun bawang potong kecil kecil

Cara Membuat:

  1. Masukkan sake dan jahe ke dalam panci besar. Biarkan sampai mendidih.
  2. Masukkan kerang dan cabai. Tutup panci dan masak dengan api besar sampai kerang terbuka.
  3. Buka tutp panci lalu masukkan black pepper dan daun bawang. Aduk rata supaya air sake tidak meluber dan kerang tidak menempel satu sama lain.
  4. Sajikan saat masih panas.

Akhirnya, selesai juga berbagi sepuluh resep appetizer jepang yang mudah dan lezat. Diantara akiba-chan dan akiba-kei ada yang hobi masak? Gimana? Udah dipraktekin belum kesepuluh resep yang penulis rangkum tadi? 😀 Hampir semua resep tadi sangat cocok untuk cemilan lho. Nyesel banget kan kalau pas bulan puasa gini nggak upgrade skill memasak demi orang-orang tercinta. 😀

Kalau kalian ketinggalan sesi pertamanya bisa tengok lagi kesini kok:
10 Resep Appetizer Jepang Mudah dan Anti Gagal #Part 1

Atau pengen nyoba resep resep yang lain? Selain resep appetizer, sebelumnya, beberapa penulis juga udah berbagi resep masakan ala jepang loh. Diantaranya, dapat kalian lihat di link berikut ya!

Di artikel berikutnya, penulis juga akan berbagi resep kembali. Tapi temanya masih di rahasiakan. Hehe. Atau mungkin kalian pengen request sesuatu? Tinggalkan jejak di kolom komentar ya 🙂