Sosial media menjamur menjadi tempat ngobrol paling asyik bagi sebagin besar masyarakat. Tapi nggak begitu dengan orang jepang. Kebanyakan dari mereka malah ogah mengobral akun sosmed nya pada orang asing. Karena bagi mereka ini termasuk privasi. Lalu bagaimana bila boss tempat di tempat kerja malah mengirim friend request? Begini jawaban para karyawan jepang menurut survey yang dilakukan oleh  sebuah perusahaan komunikasi di Jepang.

All Connect, Ltd. Merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur komunikasi. Untuk menciptakan gebrakan baru, perusahaan ini sering sekali mengadakan survey guna menemukan ide-ide berbasis solusi dari masalah di dunia komunikasi. Salah satunya yaitu survey tentang friend request boss di dalam sosmed. Survey ini melibatkan dua ratus karyawan jepang dan dua ratus boss berumur antara 30 sampai 40 tahun.

Baca Juga: 5 Jenis Kerja di Jepang yg Gampang dan Unik Bikin Dompet Gendut

Seperti apa pertanyaan yang dilepamparkan dalam survey ini? Yuk simak lengkapnya dibawah ini:

Pertanyaan 1

Bagaimana Perasaan Anda bila Mendapat friend request dari Boss?

image by Soranews

Hampir seluruh karyawan jepang dalam survey ini menjawab bahwa mereka merasa tidak nyaman. Mereka mengatakan sosmed adalah untuk kegiatan privat diluar kerja. Mereka khawatir Boss mereka akan ‘membuat kerusuhan’ dengan mencampur adukkan urusan kerja dan kehidupan pribadi diluar kantor. Terlebih bagi karyawan perempuan, mereka mengalami stress lebih berat ketimbang karyawan laki-laki bila mendapat friend request sosmed dari si Boss. Bahkan ada yang secara terang-terangan bilang “oh tidak, terimakasih. Itu horror.”

 

Pertanyaan 2

Jika Mendapat friend request dari Boss, Apa yang Akan Anda Lakukan?

Sebagian besar karyawan jepang akhirnya menerima friend request dari si Boss. Hanya sekitar 25% yang segera menekan tombol ‘accept’ dengan senang hati. Beberapa diantaranya hanya menggantung, pura-pura tidak mengecek sosmed mereka. Namun karena ini friend request dari Boss, hanya sedikit sekali yang bernyali untuk menolak secara langsung. “ya kalau udah dikirim mau gimana lagi. Mungkin berteman dengan boss di sosmed bukan ide yang buruk juga.” kata salah satu responden laki-laki.

Bila para karyawan jepang ini merasa waswas dengan friend request dari atasan mereka, berbeda lagi dengan keadaan si Boss. Dari sekitar 200 boss di jepang, ternyata hanya ada 67 orang yang pernah mengirimkan friend request sosmed kepada karyawannya. Dan inipun dengan alasan yang tidak sejahat pikiran anak buahnya.

boss karyawan jepang

 

Berikut rangkumannya:

Alasan Boss Mengirim friend request kepada Karyawan Jepang

  1. Karena ingin membangun komunikasi dan hubungan kerja (>50%)
  2. Karena ingin mencari topik dalam hobi dan percakapan (40%)
  3. Karena ingin lebih dianggap sebagai teman ketimbang boss (35%)
  4. Karena ingin melihat apa yang mereka lakukan diluar kerja (21%)
  5. Karena ingin mengecek apakah mereka melakukan tindakan buruk yang bisa merusak nama baik perusahaan (17%)
  6. Karena ingin punya banyak teman di sosmed online (15%)
  7. Karena naksir (10%)

Jadi dari alasan diatas, dapat disimpulkan bahwa nggak semua Boss itu kaku dan jahat. Yang mengirim friend request demi kepentingan perusahaan saja. Kebanyakan dari mereka memang ingin membangun hubungan lebih baik. Agar obrolan saat hangout tidak kaku. Jadi akiba-chan dan akiba-kei yang dapet friend request dari boss jangan langsung mikir jelek ya. Siapa tau emang si Boss lagi naksir kamu 😀