Banyak sekali anime yang sedang ditayangkan di musim semi 2016 ini yang pastinya banyak juga berbagai macam genre yang disajikan dan membuat bingung anime mana nih yang bisa masuk ke kategori anime favorit. Mungkin ini bisa jadi solusi sekaligus bisa jadi referensi buat kalian yang pengen nyoba nonton anime musim spring 2016 tapi bingung harus dari yang mana dulu 😀 Kali ini para otaku di Jepang memilih 20 seri Anime Spring 2016 yang mereka nantikan penayangan dari per episode setiap minggunya. Polling ini diadakan oleh Charapedia yang bertanya kepada 10.000 orang, dengan persentase 61,1% di antaranya adalah pria dan 38,9% wanita dengan 69,5% berusia remaja dan 20 tahunan. Dari banyaknya judul anime dari berbagai genre di musim spring 2016 yang diajukan, akhirnya terpilihlah 20 judul anime. Dan berikut 10 besar dari hasil polling tersebut:

10. Flying Witch

Bercerita tentang penyihir muda amatir yang bernama Makoto Kowata berusia 15 tahun. Makoto tinggal bersama sepupunya yang hanya manusia biasa di kampung ujung Jepang, Aomori. Tidak akan ada plot luar biasa menjalankan tugas / misi menyelamatkan dunia atau mengalahkan monster dalam seri ini sebagaimana seri fantasi lainnya, melainkan disini kamu akan di suguhkan kehidupan sehari-hari penyihir di tengah dunia modern.

9. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Bercerita tentang kehidupan sehari-hari Tanaka-kun. Sesuai judulnya yang bila diterjemahkan berarti “Tanaka Selalu Lesu”, anime ini akan mengisahkan tentang komedi santai sang tokoh utama Tanaka yang selalu lesu serta Oota yang tidak bisa meninggalkan dia sendirian. Selalu mengeluh, bersandar pada sikunya, dan mata yang mengantuk. Tanaka-kun adalah anak yang pada dasarnya tidak punya gairah hidup.

8. Hai-Furi

Bercerita tentang Jepang pada era 100 tahun setelah kondisi geologis tertentu yang menyebabkan banyak negara tenggelam. Untuk menyelamatkan apa yang ada, banyak kota dan fasilitas dibangun di atas air. Dengan ini pula, kebutuhan akan personil keamanan laut menjadi semakin meningkat. Banyaknya kaum wanita yang bergabung dalam personil keamanan ini melahirkan apa yang disebut “Blue Mermaids”, sang penjaga laut. Penjaga laut ini disukai banyak orang, termasuk Akeno Misaki dan Moeka China yang bermimpi untuk menjadi Blue Mermaid nantinya. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka memasuki SMU Kelautan Yokosuka.

7. Jojo’s Bizarre Adventure

Cerita berawal pada abad ke-19 di Inggris, Persaingan panjang antara Jonathan Joestar dan Dio Brando, anak yang berasal dari rakyat jelata biasa, yang diangkat sebagai anak oleh ayah Jonathan sebagai balas budi atas pertolongan ayah Dio yang dulu sudah menyelamatkan nyawanya. Dio yang penuh dengan keserakahan, berakhir dengan kutukan topeng batu kuno, hingga merubah drastis takdir keluarga Joestar dan Dio sendiri. 50 Tahun kemudian, 1938 bertempat di Kota New York, Joseph Joestar, cucu dari Jonathan Joestar mengemban misi kakeknya untuk menghancurkan topeng batu dan para penggunanya yang memiliki kekuatan luar biasa, dengan maksud ingin menguasai dunia, dan mengancam seluruh kehidupan umat manusia.

6. Kuma Miko

Cerita berfokus pada Machi, seorang siswa sekolah menengah yang bertugas sebagai gadis suci di sebuah kuil Shinto dan mengurus beruang, yang tinggal di gunung di wilayah Tohoku Jepang utara. Beruang bernama Natsu, memiliki kemampuan untuk berbicara dan sebagai pelindung Machi. Ketika Machi menjelaskan kepada Natsu bahwa dia akan bersekolah di kota, Natsu memberikan Machi serangkaian percobaan yang harus dia lakukan hingga lulus agar mampu bertahan hidup di kota.

5. Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta?

Mengisahkan seorang laki-laki yang menjadi trauma ketika melamar seseorang di dalam game dan ternyata orang tersebut aslinya adalah seorang laki-laki. Merasa syok, dia memutuskan untuk beranggapan bahwa tidak ada gadis yang bermain di game online. Tapi kemudian ada seseorang karakter perempuan yang melamarnya…

5

4. Bungou Stray Dogs

Bercerita tentang Nakajima Atsushi yang dikeluarkan dari sebuah panti asuhan, dan sekarang ia pun tidak memiliki tempat untuk pergi. Ketika ia berdiri di tepi sungai, tanpa makanan dan parahnya sedang di ambang kelaparan, ia menyelamatkan seorang pria Gokil yang mencoba bunuh diri. Orang itu adalah Dazai Osamu, ia dan pasangannya Kunikida adalah anggota dari kantor detektif yang bukan sembarangan detektif. Mereka memiliki kekuatan gaib dan menyelidiki kasus yang terlalu berbahaya bagi polisi atau militer. Mereka melacak harimau yang telah muncul di daerah baru-baru ini, sesaat sebelum Atsushi datang ke daerah tersebut. Harimau itu tampaknya memiliki koneksi ke Atsushi, dan pada saat kasus ini diselesaikan, jelas bahwa masa depan Atsushi akan terlibat lebih jauh dalam kehidupan detektif.

4

3. Sakamoto desu ga?

Bercerita tentang Sakamoto yang merupakan murid kelas satu SMA, dia tak hanya keren, tapi paling keren! Bahkan baru memulai debut di SMA pun, ia sudah mulai menarik perhatian semua orang. Gadis-gadis sangat menyukainya, dan sebagian besar anak laki-laki membencinya. Bahkan ada anak laki-laki di kelasnya yang berprofesi sebagai model, tapi popularitasnya terus-menerus dikalahkan oleh Sakamoto! Trik dan jebakan seperti apa pun yang diberikan mereka pada Sakamoto, selalu berhasil digagalkan semuanya dengan mudah dan tentunya keren. Meski Sakamoto terlihat dingin dan suka menyendiri, ia akan tetap membantu orang lain jika diminta, seperti dalam kasus anak di kelasnya yang terus-menerus dibully. Tak peduli kesulitan seperti apa pun yang menerpa Sakamoto, ia melalui semua kehidupan di SMA-nya dengan penuh keyakinan dan berkelas, tentunya keren juga.

Sakamotoanime (1)

2. Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Bercerita tentang seorang murid SMA bernama Subaru Natsuki yang tiba-tiba dipanggil ke dunia lain. Dan tak ada tanda-tanda siapa orang yang telah memanggilnya, terlebih lagi situasinya semakin buruk saat ia diserang. Tapi saat ia diselamatkan oleh seorang gadis berambut perak misterius bersama peri kucing, Subaru memutuskan bekerja sama dengannya untuk membalas budi. Saat mereka akhirnya berhasil mendapatkan petunjuk, Subaru dan gadis itu diserang dan dibunuh oleh seseorang. Subaru kemudian terbangun ditempat ia pertama kali datang ke dunia lain itu dan dia menyadari kalau dirinya memperoleh kekuatan “Kembali dengan Kematian” dan dia pun menjadi seorang anak yang tak berdaya yang hanya memiliki kemampuan untuk memundurkan waktu dengan kematian.

2

1. Koutetsujou no Kabaneri

Bercerita dalam negara di sebuah pulau yang bernama Hinomoto, dimana umat manusia tinggal tersembunyi di benteng yang dinamai “stasiun” untuk melawan ancaman mahluk yang mirip zombie dengan jantung besi bernama “Kabane”. Hanya lokomotif yang disebut “Hayajiro” yang bisa pergi antar stasiun.

kabaneri

 

Nah, Anime spring 2016 mana yang masih kalian tonton dan selalu menantikan kelanjutannya? kalo saya sendiri sih no. 1, 2, 5 dan 9 🙂