Jaman sekarang ini kita semakin banyak memakai teknologi dan komputer. Seiring dengan perkembangan komputer, perusak sistem seperti virus atau malware semakin berkembang juga. Dan dengan semakin maraknya pop culture, game, anime, dll, ada juga yang memakai virus tersebut sebagai ajang kreativitas dan humor, seperti pembuat virus yang satu ini. Waspada mina-san, sekarang komputer bisa kena Rensenware, malware Touhou virus.

Banyak pasti yang mengenal game Touhou. Atau mungkin yang lebih terkenal lagi dari game itu, adalah musiknya, dan kreativitas fansnya. Mulai dari membuat anime/animasi sendiri sampai game spin-off sendiri dari game itu.

Tapi yaa, yang namanya kreativitas, bisa juga dipakai untuk yang tak terlalu menguntungkan pihak lain. Seperti virus komputer ini. Lalu apa yang membuat virus ini merusak komputer? Ini dapat dilihat dari namanya, Rensenware. Rensenware adalah gabungan dari judul game Touhou ke-12, yaitu SeiRenSen: Undefined Fantastic Object, dan Ransomware.

Ransomware adalah jenis malware yang menyerang komputer dengan mengunci berbagai file, dan user hanya bisa memakai file tersebut bila mereka membayar pembuat virus tersebut. Dengan kata lain, menyandera file milik user. Dikatakan telah ada kerugian sampai jutaan dollar yang disebabkan oleh malware macam ini.

Lalu bagaimana dengan Rensenware? Berapakah bayaran yang diminta olehnya? Ada satu, dan itu bukan uang. Efek Rensenware mirip dengan ransomware, mengunci file user, tapi yang diminta olehnya adalah… 200 juta point… dalam game Touhou 12, SeiRenSen. Dengan kata lain, user dipaksa untuk memainkan game Touhou, dan ia harus mendapatkan point dalam jumlah tersebut.

Dan ini bukanlah hal yang mudah. Bagi yang sudah main/tahu game Touhou itu seperti apa, pasti tahu sesulit apa game ini dalam mode normal. Bahkan mode easy juga masih agak sulit. Dan yang lebih lucu/jahat lagi, point itu harus didapat dalam mode LUNATIC, harder than hard, mode tersulit dalam game Touhou.

Malware ini dibuat oleh seorang murid di Korea sebagai suatu candaan, dan humor bagi pemain game Touhou. Tapi ia tak menyangka kalau malware ini akan jadi terkenal dan menyebar di internet.  Untungnya ia sadar kalau ini adalah candaan yang keterlaluan, dan sekarang ia telah meminta maaf dan telah membuat dan mengupload software yang dapat menghilangkan Rensenware ini.

Sebagai ironi yang extra lucu, ternyata komputer milik pembuatnya itu juga sempat terjangkit Rensenware. Dan ketika ditanya website Kotaku apakah ia bisa meraih 200 juta point dalam LUNATIC mode, katanya.. “Oh.. nggak bisa” 😀

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here