Box office Jepang tampil begitu meriah dalam hal film anime, dengan Conan, Evangelion, Kimetsu no Yaiba menempati posisi Top 3 anime yang ramai ditonton oleh masyarakat Jepang, meski bioskop terpaksa tak begitu ramai dan ada yang ditutup karena masa darurat pandemik. Tapi walau ada kekurangan seperti itu, ketiga anime tersebut dikabarkan tetap berhasil meraup untung besar, dan meraih rekor milyaran Yen baru lagi.

Dimulai dari film Detective Conan Scarlet Bullet, yang masuk paling baru pada bulan April dan saat ini mencapai posisi paling tinggi pada list Top 10 box office mingguan Jepang, yang sedang bersaing ketat dengan film Final Rurouni Kenshin Part 1 untuk menempati posisi teratas.

Tapi mau pada posisi 1 atau 2, tetap saja film Conan Scarlet Bullet meraih untung yang besar, dengan baru-baru ini dilaporkan kalau pendapatan film tersebut telah menjual lebih dari 4.040.000 lembar tiket dan meraup untung yang menembus angka 5.6 milyar Yen.

Lalu kepada yang lebih tua dari Conan adalah Shin Evangelion, film penutup dari seri Rebuild Of Evangelion tersebut dirilis pada bulan Maret. Dikabarkan kalau saat ini mereka telah menjual sampai 5.4 juta tiket dan dari situ telah meraup untung sebesar 8.28 milyar Yen.

Ini sesuatu yang mengagumkan bagi Anno Hideaki sang sutradara dan creator seri Evangelion, karena tak hanya Shin Evangelion menjadi film Evangelion tersukses, tapi itu juga berarti Shin Evangelion telah menjadi film dari sang sutradara dengan untung paling besar, mengalahkan Shin Godzilla yang sebelumnya memiliki untung sebesar 8.25 milyar Yen.

Dan terakhir adalah kabar dari film anime paling fenomenal dari tahun 2020 kemarin, Kimetsu no Yaiba Mugen Train. Film tersebut pertama dirilis bulan Oktober 2020 dan sampai saat ini film itu masih ditayangkan dan masih masuk list Top 10 box office mingguan Jepang sampai sekarang.

Dan setelah pencapaian besar dimana film itu mengalahkan film anime Spirited Away Ghibli sebagai film anime paling sukses di Jepang, baru-baru ini dikabarkan Mugen Train menjadi film Jepang pertama di dunia yang meraih keuntungan box office global melampaui 50 milyar Yen.

Pendapatan dalam negeri film itu di Jepang adalah sebesar 39.88 milyar Yen, sedikit lagi tembus 40. Dan untuk pendapatan dari luar, Top 3 paling besar berasal dari Amerika Serikat sebesar 34 juta Dollar, Taiwan sebesar 22 juta Dollar, dan KorSel sebesar 16 juta Dollar. Semua itu membuat pendapatan dunia dari Mugen Train sebesar 50.15 milyar Yen.