Setelah sekian lama berkali-kali menge-troll para fans, seri manga Gintama akhirnya merilis chapter finalnya beberapa waktu lalu. Tapi meskipun begitu seri Gintama masih berlanjut, dengan diumumkannya projek anime baru. Dan fans dapat tertawa gila, karena ternyata tak hanya itu satu-satunya projek anime Gintama yang akan datang, dengan baru-baru ini diumumkan adanya anime Gintama spesial lain yang bakal tayang 2021 nanti!

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise yang tayang selama 2006-2010 secara berlanjut. Setelah itu mereka break beberapa bulan dan lanjut tayang selama 2011-2013 dengan sistem penayangan anime modern berdasarkan cour dengan beberapa midseason break.

Beberapa tahun setelah itu anime Gintama kemudian lanjut lagi, akan tetapi dengan pergantian studio animasinya yang kini dilakukan oleh Bandai Namco Pictures, yang tayang selama 2015-2017 berdasarkan cour dengan beberapa midseason break.

Animanga Gintama juga memiliki beberapa movie anime dan 2 adaptasi film live-action yang dibintangi Oguri Shun sebagai Gintoki, Suda Masaaki sebagai Shinpachi, Hashimoto Kanna sebagai Kagura. Dan pada akhir 2019 lalu diumumkan kalau anime Gintama akan mendapatkan projek baru lagi berupa movie, yang dijadwalkan untuk tayang dalam tahun 2021 nanti.

Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, tahun 2021 nanti tak hanya itu anime Gintama yang bakal bisa ditonton, karena baru diumumkan projek anime spesial yang sedang dalam pembuatan! Anime tersebut akan tayang spesial pada platform dTV.

Dikatakan kalau anime spesial tersebut akan tayang diawal tahun 2021 dan dibuat untuk merayakan anniversary setahun tamatnya manga Gintama, dengan konten yang terhubung dengan movie anime Gintama baru. Metode yang serupa dengan penayangan side story live-action Gintama saat perilisan film live-action Gintama 2.