Seri animanga klasik Gegege no Kitaro telah memberikan upgrade pada tempat rekreasi mereka di Mizuki Shigeru Road. Tapi dengan seri anime Kitaro versi modern saat ini masih tayang, mereka tak selesai memeriahkan para fans. Dan baru-baru ini seri tersebut memberikan pengumuman projek keren lagi. Untuk merayakan 50th Anniversary dari seri animanga Kitaro, diumumkan dibuatnya Kitaro VR dan 3D movie.

VR dan movie tersebut adalah bagian dari projek digital art yang diberi nama Tamashii to Art yang berarti Roh dan Seni. Projek tersebut diawasi oleh Toei Animation, studio yang membuat anime Gegege no Kitaro.

Projek tersebut terdiri dari tiga bagian, dan seperti yang telah dikatakan, akan menghadirkan pemakaian teknologi 3DCG dan teknologi VR, dan juga memakainya dalam bentuk AR dan MR (Mixed Reality).

VR tersebut berupa VR App, yang dikembangkan oleh developer yang sudah diberitakan beberapa kali disini, yaitu Gugenka, dimana Gugenka xR artist Namimatsu Shou juga yang menjadi sutradaranya. Dan bagian digital production dari Toei Animation yang menangani bagian modelling.

VR App ini diberi nama Tamashii no Okuribi, yang mengisahkan player sebagai orang yang tersesat dalam dunia Youkai, tapi kemudian dibantu Medama Oyaji untuk keluar dari situ, dan player juga dapat bertemu Kitaro dan karakter lain.

App ini kompatibel dengan VR Headset Lenovo Mirage Solo with Daydream, dan preview dari app ini akan dipertunjukkan oleh Gugenka dalam booth mereka dalam event Tokyo Game Show pada bulan September nanti.

Dan tak hanya itu yang dilakukan Gugenka, karena mereka juga akan memberikan tambahan pada app Holo Models mereka dengan menambahkan AR digital figure karakter-karakter Gegege no Kitaro dengan tampilan dari anime Kitaro versi anime 2018 ini, diantaranya adalah Kitaro, Medama Oyaji, Neko Musume, Ittan Momen, Nurikabe.

Dan terakhir, adalah projek 3D movie yang diproduksi Dynamo Pictures yang akan ditayangkan pada berbagai atraksi teater dan event di Jepang. Movie tersebut berbentuk film pendek berdurasi lima menitan, berjudul Tamashii no Yukue. Mengisahkan seorang pria yang tak puas dengan kesehariannya dan melampiaskannya dalam dunia maya, yang kemudian tersesat dalam hutan Gegege.