Seri game Final Fantasy telah berjalan begitu lama. Game FF yang paling terkenal saja, Final Fantasy VII, umurnya sudah jadi 20 tahun beberapa waktu lalu. Franchise Final Fantasy itu sendiri pastinya lebih lama lagi, dengan umurnya yang telah mencapai 30 tahun. Berbagai kenangan pasti telah tercipta dihati para gamer, dan bagi fans yang ingin bernostalgia dengan gaya, mungkin bisa coba sambil minum FF Whiskey ini untuk merayakan 30 tahun Final Fantasy.

Memang berkelas sekali ya Square Enix, merayakan umur franchise FF yang panjang dengan memakai sesuatu yang pas dengan elemen panjang umur, minuman alkohol. Mirip dengan saat mereka mempromosikan Final Fantasy XV dengan berkolaborasi dengan Youtuber Epic Meal Time untuk membuat resep makanan lezat.

Tapi kali ini jelas beda levelnya, mereka tak main-main dalam berpesta ria untuk kesempatan ini. Karena minuman alkoholnya bukan wine atau sake biasa, tapi Whiskey buatan luar negeri, yang memang umurnya juga 30 tahun! Whiskey tersebut adalah Highland Single Malt Scotch Whiskey yang diproduksi oleh Glenfarclas, perusahaan penyulingan terkemuka dari Skotlandia.

Pada labelnya tertulis kalau whiskey tersebut pertama kali dibuat pada tahun 1987, tahun yang sama dengan perilisan game Final Fantasy pertama untuk Famicom. Bertuliskan 30th Anniversary Final Fantasy, dengan gambaran api dan kristal biru dengan gaya gambar khas sang ilustrator Final Fantasy, Amano Yoshitaka, dan biru-biru tersebut didampingi dengan beberapa chibi Chocobo dan Moogle yang kawaii.

Pre-Order untuk Final Fantasy Whiskey ini telah dibuka melalui toko retailer minuman alkohol Shinanoya di Jepang. Dan pemesanan juga akan dibuka melalui website mereka dari tanggal 26 Januari besok, yang memungkinkan untuk melakukan pemesanan internasional. Tapi bagi fans yang mau perlu cepat-cepat memesannya.

Karena ini item perayaan, persediaannya juga terbatas. Mengikuti tema angka 30, Final Fantasy Whiskey ini hanya diproduksi sejumlah 303 botol, dan dijual seharga 330 Dollar Amerika atau 37.000 Yen. Jika dirupiahkan, itu berarti Whiskey ini jadi seharga 4.500.000 Rupiah! Harga yang memang mahal. Akan tetapi secara mengejutkan ternyata harga itu lumayan sepadan jika dibandingkan dengan harga normal Whiskey Glenfarclas berumur 30 tahun, yang bisa mencapai enam juta Rupiah.

Comments