Mina-san mungkin sudah tahu apa itu Doujinshi 😉 Bahkan mungkin ada juga yang suka baca atau unduh berbagai Doujinshi. Mina-san juga pasti tahu event besar bagi fans anime dan game di Jepang, Comic Market alias Comiket. Banyak doujin dari seri anime atau game populer yang dijual belikan disitu. Kita sudah tahu seri-seri terpopuler yang menguasai Comiket92, dan sekarang kita akan lihat top 6 seri terpopuler dalam C93.

Memang belum begitu lama sejak Comiket 92 terjadi. Karena event Comiket diadakan per dua musim. Yang 92 kemarin adalah Summer Comiket, sedangkan yang 93 ini adalah Winter Comiket, yang nanti akan diadakan pada tanggal 29-31 Desember nanti.

Tapi walau acaranya masih agak jauh, sudah ada yang merilis data akan jumlah Doujin Circle yang berpartisipasi dalam event Comiket 93, dan juga akan doujin dari seri apa yang akan mereka jual dalam event itu. Dan terjadi perubahan yang agak mengejutkan dalam ranking seri terpopuler dibanding comiket sebelumnya. Mari kita lihat 6 seri tersebut;

 

6 – Yuri on Ice

Seri anime ini baru dimulai belum lama, tapi kepopulerannya sangat kuat. Sudah terlihat sejak Comiket 92 lalu, dimana seri ini juga memasuki Top 10 seri terpopuler disitu. Dan kali ini mereka masih melanjutkan kekuatan popularitas mereka, dengan jumlah doujin circle untuk seri ini masih diatas 500. Mungkin karena temanya ice skating jadi lebih cocok doujinnya buat musim dingin 😀

 

5 – Touken Ranbu

Franchise game pedang-pedang sejarah yang menusuk hati para fangirls ini memasuki Top 5 dalam Comiket 92, dan begitu juga dalam data Comiket 93 ini. Sepertinya panasnya seri ini tetap berasa walaupun seri anime Katsugeki yang dirilis musim lalu telah selesai tayang. Jumlah doujin circle yang membuat doujinshi akan seri ini juga masih diatas 1000 seperti dalam Comiket 92.

 

4 – Touhou Project

Fans seri Touhou sepertinya akan kecewa, karena seri penguasa lama Comiket ini menurun lagi popularitasnya. dalam Comiket 93 ini doujin circle-nya berjumlah 1.188. Padahal sebelumnya Touhou mencapai ranking Top 2 dalam Comiket 92, masih dikalahkan oleh rival berat mereka, Kantai Collection. Sekarang dalam Comiket 93 malah menurun lagi, sampai keluar dari Top 3. Tapi masih dalam Top 5 setelah sekian lama menunjukkan kalau seri ini tetap memiliki keberadaan yang kuat.

 

3 – Idolm@ster

Pembuka Top 3 dalam list kali ini masih sama dengan yang di Comiket 92. Posisi 3 masih dipegang saja oleh Idolm@ster, yang jumlah doujin circle-nya kali ini berjumlah 1.384. Banyaknya karakter dan game seri itu terlihat membawa popularitas besar. walau saat ini season baru Love Live sedang tayang, seri ini masih tetap kuat sebagai bahan doujinshi. Padahal yang sedang tayang saat ini bersama Love Live adalah Idolm@ster Side M yang mengisahkan grup idol pria.

 

2 – Kantai Collection

Daaan kabar yang tak begitu seru bagi fans Kantai Collection juga, karena sekarang mereka telah diturunkan dari tahta mereka sebagai penguasa Comiket, setelah selama tiga tahun terakhir ini merajai jumlah doujin circle, termasuk dalam Comiket 92 lalu. Dengan jumlah circle dalam C93 ini berjumlah 1.460. Setelah Touhou diturunkan oleh KanColle, sekarang Kancolle juga telah diturunkan dari posisi nomor 1. Tapi siapakah yang mengalahkan popularitas Kancolle dalam Comiket 93 dan menjadi raja doujinshi baru? Mereka adalah…

 

 

1 – TYPE-MOON Series

YOROKOBE fans Fate! Karena menurut data, seri TYPE-MOON memiliki jumlah doujin circle terbanyak dalam C93! ini mencakup tak hanya Fate, tapi juga judul buatan mereka yang lain seperti Kara no Kyoukai, Tsukihime, dan lain-lain. Total doujin circle mereka mencapai jumlah 1.498! Melanjutkan kekuatan popularitas seri Fate yang mulai meleduk-leduk dalam Comiket 92 lalu, dimana popularitas Fate dikalangan doujin circle tiba-tiba saja melesat memasuki Top 5.

Dan ini juga tak mengherankan, mengingat berbagai anime Fate yang tayang pada akhir tahun ini, dan popularitas game Grand Order juga makin naik. Sampai seri ini mulai meluber ke Amerika sana. Sesuatu yang telah diprediksikan oleh myrmecoleon dalam C92 lalu, yang reguler menganalisis angka data nilai trending dalam event Comiket. OMEDETOU ayuk rayakan dengan EKKUSU~KYARIBAA~

Comments

Loading...