Akiba-chan dan Akiba-kei udah pernah mencoba untuk berdiet belum? Program diet merupakan salah satu program yang membutuhkan dedikasi tinggi, bukan hanya sekedar ucapan. Jadi kita tidak bisa hanya menjadi diet sebagai wacana, karena tanpa adanya aksi, tidak akan ada perkembangan yang berarti. Kok jadi takut gagal ya? Tenang, mimin punya cara diet yang mungkin cocok untuk dijalani tanpa merasa tersiksa dan menahan lapar sampai perut melilit.

Semuanya pasti sudah tahu dengan bentuk tubuh orang Jepang, terutama perempuannya yang langsing bak model. Mereka terlihat ringan dengan badan mereka yang tetap fit dengan kesibukan yang padat. Orang Jepang terknenal akan panjang umur pun bukan hanya genetic. Semua bisa didapat dengan usaha maksimal dalam menjaga pola makan. Orang Jepang terkenal dengan konsumsi makanan laut yang tinggi, mencintai kedelai, dan proses memasak yang tidak terlalu menggunakan bumbu untuk menjaga rasa natural dari masakan. Berikut beberapa tips diet yang biasa orang Jepang lakukan.

 

Menu makanan harian dalam porsi kecil

Menu makanan sehari-hari berupa jenis ikan, kedelai, sayur-mayur, dan nasi. Hidangan klasik mereka yang berupa sup miso ataupun natto mengandung vitamin yang tinggi dan baik untuk kulit maupun pencernaan. Mayoritas makannya direbus atau dikukus, bahkan ada yang dimakan mentah-mentah. Bumbu dalam makanan mereka pun tidak sebanyak di sini yang hampir memakai semua palawija yang ada kebun. Mereka hanya menambahkan mirin, garam, miso, dan kaldu ikan. Tidak ada yang namanya pemakaian MSG berlebih. Kemudian perusahaan itu memanganya tidak ada melakukan pemasaran di Jepang ya? Setahu mimin sih tidak ada, kalau ada pun hanya dalam jumlah kecil.

cimg31651

Meski dengan lauk beragam, semua ditata dalam porsi kecil. Mereka sengaja menyediakan setiap jenis makanan dalam piring-piring kecil untuk mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Menariknya lagi, karena makan memakai sumpit mereka bisa menikmati, menjeda tiap suapan dan mengunyah lebih baik. Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa terlalu kenyang yang sebenarnya juga tidak baik untuk tubuh.

 

Minum teh hijau

Sudah bukan rahasia kalau orang Jepang merupakan pencinta teh hijau. Selain kaya dengan anti oksidan yang dapat mencegah kanker, teh hijau juga ampuh untuk meluruhkan lemak. Di Jepang sendiri banyak makanan dan minuman yang mengandung teh hijau. Bahkan mereka memiliki ritual meminum teh yang tetap dijaga sampai sekarang ini. Sebaiknya minumlah teh hijau berupa bubuk yang diseduh dengan air panas, bukan dalam kemasan yang sudah diberi pemanis.

green

 

Snack yang sehat

Meskipun Jepang terkenal akan snack dan dessert yang menggiurkan, banyak juga wanita Jepang yang memilih snack sehat. Contohnya senbei, pastry, sampai kepada es krim. Tentu saja konsumsinya pun dalam jumlah yang kecil. Jadi jangan kalap ya. Kalau mau ngemil es krim silakan saja, tapi jangan sampai satu tempat ukuran 500ml juga.

 

Gemar berjalan kaki

Di Jepang, untuk soal mobilitas, transportasi umum sudah terfasilitasi dengan baik. Mereka pun lebih memilih transportasi umum yang ketepatan waktunya luar biasa. Dengan naik transportasi umum seperti kereta maupun mobil, tentunya mereka harus berjalan kaki atau bersepeda ke halte atau stasiun terdekat. Sepeda tidak dianggap alat transportasi yang kuno, bahkan untuk membeli sepeda pun perlu surat-surat. Jika tidak mempunyai sepeda, kita bisa menyewanya dari vending machine, jika sudah selesai dipakai, tinggal dikembalikan lagi ke vending machine jenis yang sama. Bahkan kebiasaan berjalan kaki sudah dilatih sejak dini, anak-anak berangkat dan pulang sekolah berjalan kaki bersama.

AAAAA

Wah ternyata tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan ya. Kesimpulannya sih kita harus mengatur konsumsi gula dan lemak. selain untuk menjaga bentuk tubuh, tentu saja untuk menjaga kesehatan. Tetap sehat, tetap semangat biar kita bisa makan makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Semoga dietnya sukses!