Minggu lalu menjadi minggu yang meriah bagi fans Fate, dengan perayaan anniversary 5 tahun FGO diawal minggu dan perilisan film FST spring song diakhir minggunya. Tapi awal minggu ini ada kabar yang tak begitu menggembirakan bagi fans Fate dan player FGO yang berada diluar Jepang, karena salah satu akses terbagus untuk mengunduh dan update mobage fenomenal tersebut sudah hilang, yaitu dari QooApp.

QooApp adalah app dan website penyedia berbagai app dan mobage, seperti Google Play Store dan Apple Store, tapi mereka juga menyediakan app dan mobage yang kena blok dan tak dapat diakses pada negara-negara tertentu. Dan Fate/Grand Order adalah salah satunya.

Game FGO itu sendiri, diluar Jepang, memiliki server untuk negara tetangga di China dan Korea Selatan. Sementara versi Inggris memang lumayan global, tapi walau bisa diunduh di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, pada akhirnya tak semua negara bisa mengunduh game tersebut, seperti banyak negara di Eropa yang ironisnya sudah beberapa kali jadi setting dalam game tersebut.

Untuk negara-negara yang kena region lock, QooApp adalah salah satu tempat yang dapat diandalkan untuk mengunduh dan update FGO, yang sudah dilakukannya sejak game itu dirilis. Tapi sayangnya setelah 5 tahun untuk versi Jepang dan 3 tahun untuk versi Inggris, kini hal tersebut sudah tak memungkinkan lagi.

Pihak QooApp telah mengumumkan kalau karena adanya “perubahan strategi luar negeri” dari publisher FGO, game itu sudah tak bisa diunduh dari tanggal 18 Agustus. Tapi dikatakan kalau mereka akan tetap memasangkan halaman info game itu dan kolom komen.

Walau tak ada penjelasan pasti dari pihak FGO, beberapa netizen ada spekulasi akan penyebab hal ini, yang dikatakan netizen kemungkinan karena app mobage spinoff baru dari FGO yang dirilis pada anniversary FGO minggu lalu, yaitu rhythm game Fate/Grand Order Waltz.

Perilisan game itu sebenarnya terbatas hanya di Jepang dan dibatasi hanya untuk 50 ribuan download. Tapi karena adanya akses yang tersedia bagi player luar Jepang, seperti dari QooApp juga, untuk ikutan mengunduh game itu, jadi banyak player luar yang “meluber” dan bisa main game terbatas tersebut.