Halo, minna-san! Bagaimana dengan aktivitas hari ini? Oke, buat yang baru saja lulus sekolah atau kuliah yang saat ini libur panjang ataupun belum mendapat pekerjaan biasanya bingung di rumah ataupun malas melakukan apapun tanpa suatu aktivitas yang bermanfaat. Wah, sayang banget tuh kalau waktu sebanyak itu lantas disia-siakan begitu saja! Libur panjang merupakan waktu yang tepat untuk kita pergunakan untuk pengembangan diri. Seorang yang biasa produktif biasanya akan merasa ‘ada yang kurang’ dikala menganggur. Oleh karena itu, alangkah lebih menyenangkan jika waktu yang amat luang ini kita pakai untuk melakukan aktivitas seperti menekuni hobi. Jangan salah! Dari menekuni hobi, kamu bisa menghasilkan uang sembari menunggu panggilan interview dari perusahaan, lho! Yuk, kita simak hobi apa saja yang bisa kamu jadikan ladang rezeki kamu!

1. Menggambar

Kamu senang menggambar anime dikala suntuk? Ataukah kamu sering dimintai teman-temanmu untuk menggambar? Gunakan kesempatan ini untuk menghasilkan uang jajan tambahan kamu sehari-hari! Kamu bisa pasang harga murah terlebih dahulu sebagai harga ‘kenalan’, jika sudah mulai banyak yang menyukai art style mu, mulailah untuk menaikkan harga komisinya sedikit demi sedikit. Jangan lupa, kamu juga harus sering-sering cari referensi harga komisi di luar agar tidak terjadi underpriced.

Hobi yang satu ini memang asyik, apalagi jika kamu sering mencari referensi karakter dan mempunyai banyak teman yang memiliki hobi yang sama. Kalau kamu memang serius untuk menekuni hobi ini, kamu bisa menjadi seorang design character untuk proyek animasi atau komikus!

manga

2. Menulis

Sering membuat naskah fanfiksi atau ngeblog? Nah, hobi yang kedua ini juga menjadi primadona bagi para freelancer yang ingin menambah pemasukan sambil kuliah atau sekolah. Banyak pelajar yang menjadi penulis paruh waktu di portal media online dengan upah yang lumayan besar. Selain itu, kamu bisa mengembangkan kreatifitasmu dalam menulis fanfiksi menjadi sebuah karya novel! Atau, kamu bisa mencari kenalan ilustrator untuk membuat project bersama menciptakan sebuah komik yang keren! Nah, kamu bisa menjual komik tersebut dan sudah pasti, uang akan mengalir dan jika kamu beruntung, kamu bisa terkenal!

3. Mengajar Bahasa Jepang

Kamu sangat suka mempelajari bahasa dan budaya Jepang? Nah, hobi yang selanjutnya ini bisa kamu jadikan freelance yang paling seru! Kamu jadi punya pengalaman mengajar sekaligus belajar menjadi guru, lho! Pekerjaan mulia ini banyak dilakoni oleh mahasiswa baik yang kuliah sastra Jepang maupun mahasiswa yang mempelajarinya secara otodidak. Selain itu, menjadi tenaga pengajar lepas ini bisa melatih kamu untuk berani bicara sekaligus mendapat wawasan baru yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Satu lagi, kamu bisa menentukan waktu mengajar serta tarif sendiri lho!

ellen-cover.0

4. Vocaloid-P

Buat kamu yang addict dengan dunia Vocaloid, istilah ‘VocaP’ pastinya sudah tidak asing lagi di telingamu, bukan? Nah, hobi yang satu ini masih sangat jarang ditekuni karena memang untuk membuat sebuah lagu itu butuh jam terbang yang cukup banyak di dunia musik. Meskipun demikian, kamu bisa mempelajarinya secara tahap demi tahap dengan adaptasi dengan software Vocaloid lalu lakukan cover lagu sesering mungkin untuk meningkatkan kemampuan dalam tunning suara. Jika sudah mulai nyaman, barulah kamu coba untuk menciptakan sebuah lagu.

Nampaknya sulit memang, tapi untuk kamu yang memiliki jiwa musisi pasti akan menjadi sebuah hobi yang sangat menarik!

5. Translirik

Selain menjadi guru, memiliki kemampuan bahasa Jepang bisa kamu manfaatkan untuk menerjemahkan lagu-lagu berbahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia. Ya, jasa penerjemah sangat luas lapangan pekerjaannya. Namun jika belum bisa mendapatkan pekerjaan tetap, kamu bisa manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan hobi yang satu ini! Biasanya, jasa translirik ini dibutuhkan oleh utaite yang ingin meng-cover lagu Jepang tetapi ingin menyanyikannya dalam bahasa Indonesia. Cobalah lakukan ini dengan sepenuh hati, masalah rezeki pasti akan mengikuti!

shimakazecostingamemoi

6. Cosplay

Nah! Hobi yang satu ini paling mainstream dilakukan! Bermain kostum adalah hobi yang cukup banyak disukai dan telah tersebar komunitas-komunitas cosplay di seluruh Indonesia. Jika kamu memang serius, kamu bisa mengikuti banyak event lomba cosplay dan biasanya kamu bisa mendapatkan hadiah yang menarik! Atau, kamu bisa bentuk sebuah tim cosplay sendiri untuk kepentingan komersial.

Untuk modal, memang tidak sedikit untuk membuat kostum, menyiapkan alat make-up dan yang lainnya. Namun, yang namanya hobi biasanya susah untuk ditinggalkan meskipun harus merogoh kantong agak dalam. Iya, kan? Hahahaha!

Jadi, gimana? Sudah punya gambaran untuk menekuni hobi yang mana? Apapun hobimu, lakukanlah dengan sepenuh hati agar apa yang kamu kerjakan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitarmu! Ganbatte!

  • Rekso Waskito

    Satu lagi, Berjualan, 😀 apalagi di Shop.akibanation.com