Masa yang menyulitkan bagi industri animanga di Jepang, dengan wabah virus corona mengganggu produksi berbagai penayangan banyak anime di TV dan perilisan film anime di bioskop. Akan tetapi meski banyak, tidak semuanya kena, dengan ada beberapa seri TV anime yang tetap bisa berjalan, dan dikabarkan kalau projek film Shinkai & Ghibli yang baru tetap berjalan pembuatannya meski dalam wabah coronavirus ini.

Film Miyazaki Hayao yang baru yang berdasarkan buku karya Yoshino Genzaburo berjudul Kimi-tachi wa Dou Ikiruka telah berjalan beberapa tahun, dan sebelumnya dikabarkan kalau Miyazaki telah menyelesaikan 15 persen dari isi film tersebut. Kini, produser dan co-founder studio Ghibli Suzuki Toshio memberikan update baru kepada Entertainment Weekely mengenai projek tersebut.

Dikatakan kalau film itu akan memiliki cerita yang besar dan fantastik, dan pembuatannya akan lebih memakan waktu, yang sebagian alasannya karena mereka memakai pendekatan baru dengan menuangkan lebih banyak uang dan waktu untuk membuat film.

Dikatakan kalau 1 menit animasi dibuat dalam 1 bulan, dan dengan 3 tahun telah berjalan, membuat kini 36 menit animasinya sudah selesai, dan diharapkan projek itu selesai 3 tahun lagi. Dan kabar bagusnya adalah wabah coroanvirus ini tak menghalangi kemajuan projek tersebut.

Sementara itu, kemarin sutradara anime terkenal lain yang beberapa tahun belakangan ini lagi naik daun dengan ketenaran yang menyaingi Miyazaki dan Ghibli, Shinkai Makoto, juga memberikan update akan projek film barunya.

Pada bulan Maret ia mengabarkan kalau projek barunya setelah Tenki no Ko sudah digambarkan, walau ia mengatakan sedang kebingungan. Dan pada bulan Aprilnya ia memberi update kalau ia sudah 2 bulan menulis screenplay film barunya, dan ia tak tahu apa yang mau dikatakan, dipikirkan, atau dilihat dalam beberapa tahun kedepan, tapi ia tetap menulis sebisanya.

Dan kemarin ia memberi kabar baru lagi, mengatakan ia perlahan membangun karya barunya dalam sistem pacing yang serupa dengan pembuatan Tenki no Ko. Shinkai mengatakan ia telah mengerjakannya berbulan-bulan, membangunnya dan memecahnya lagi.