Shinkai Makoto telah berhasil mempesona para penonton dunia film dan animasi dari dalam dan luar Jepang melalui maha karyanya Kimi no Na wa, dan dilanjutkan lagi dengan film terbarunya Tenki no Ko yang dirilis beberapa bulan lalu. Kira-kira apakah ia sudah siap akan projek berikutnya setelah kedua karya besarnya tersebut? Nah baru-baru ini ia diwawancarai dan sempat membicarakan bagaimana projek anime Shinkai berikutnya.

Wawancara Shinkai Makoto tersebut dilakukan olehnya bersama dengan website berita Mantan Web dari Mainichi Shinbun. Disitu Shinkai membicarakan projek berikutnya dan juga pendapatnya akan Tenki no Ko sekarang ini setelah dirilis sekitar setengah tahun lalu di Jepang.

Mengenai Tenki no Ko, Shinkai mengatakan kalau ia lega dapat membuat film yang dirasakan olehnya perlu ia buat. Shinkai mendespriksikan film tersebut sebagai “cerita yang salah” mengenai “dunia yang tak terselamatkan”.

Walau ia khawatir apakah penonton akan menyukai film itu, melihat balik, ia lega dapat membuat film yang disukai orang-orang, meskipun reaksinya mixed. Ia juga mengatakan pada akhirnya ia juga berterimakasih akan kritik yang diberikan pada Kimi no Na wa, karena itu juga membantunya dalam memikirkan film seperti apa yang ia ingin buat berikutnya.

Dan bicara soal film yang ingin ia buat berikutnya, Shinkai mengatakan kalau ia sedang memikirkan film berikutnya setelah Tenki no Ko. Shinkai mengatakan kalau ia sudah mendapatkan gambaran kasar mengenai arahannya, tapi berada dalam tahap dimana ia belum dapat membicarakannya. Sesuatu yang membuatnya merasa kebingungan.

Ditanyakan juga dengan Kimi no Na wa dirilis 2016 lalu dan Tenki no Ko dirilis tahun 2019 kemarin, apakah ia dapat mempertahankan jadwal perilisan film setiap 3 tahun. Shinkai menjawab kalau ia memang berpikir jika ia dapat membuat film sekali setiap tiga tahun maka para penonton dapat mengikutinya tanpa kecewa.

Akan tetapi pertanyaannya adalah apakah ia dapat merilis sesuatu dalam waktu tiga tahun, dan saat ini ia tak dapat memberikan kepastiannya. Tapi Shinkai juga mengatakan kalau ia akan melakukan sebisa mungkin. Semoga projek berikutnya makin keren ya Pak Shinkai 😉