Membuat anime itu memang sesuatu yang tidak mudah atau cepat. Perlu ada animator yang bekerja keras menggambar untuk membuat gambar anime jadi hidup. Memang saat ini perkembangan teknologi memberi beberapa alat yang bisa membantu, seperti teknologi animasi 3DCG, atau program Live2D, atau adanya program DeepAnime yang baru belum lama ini dipamerkan yang bisa membuat pic waifu jadi hidup.

Program DeepAnime ini terhubung dengan perkembangan teknologi yang sedang lumayan dibicarakan saat ini, yang mungkin mina-san yang suka menjelajahi internet pernah dengar namanya, yaitu program DeepFake.

DeepFake itu sendiri adalah gabungan dari kata Deep Learning dan Fake, yang secara singkat penjelasannya, seperti melatih program A.I. untuk mengedit foto atau video, melalui tehnik pembelajaran yang bernama GAN (generative adversarial network).

DeepFake sedang lumayan dibicarakan karena hasil editannya sekarang sangat detail hingga tak terasa palsu. Dari foto yang bisa membuat foto bisa bergerak sendiri atau menukar wajah seseorang dengan wajah orang lain.

Hal tersebut terlihat bisa mengembangkan dunia film, tapi ada juga yang takut ini bisa dipakai untuk kejahatan. Tapi selain itu, sebuah perusahaan start-up bernama AlgoAge yang berada di Tokyo memperlihatkan kalau mungkin teknologi ini memungkinkan juga dipakai dalam dunia animanga.

Diawal Agustus ini perusahaan tersebut memperlihatkan program DeepAnime tersebut, dimana mereka menggabungkan audio rekaman suara dan visual karakter anime/game pasif, dan melalui Deep Learning membuat gambar itu bergerak dan terlihat berbicara sesuai dengan audionya secara otomatis, dan bahkan matanya juga bisa berkedip dan memberi kesan natural.

Tapi saat ini program tersebut masih prototype dan tak bisa dipakai publik, yang terlihat juga dengan animasinya masih agak kaku dan sederhana. Tapi memang program itu terlihat berpotensi dalam dunia anigame dan entertainment, seperti untuk membuat karakter yang bisa berbicara secara cepat dan minim animasi dengan mudah.