Seri Fate buatan Type-Moon kini menjadi salah satu seri paling dikenal dalam dunia animanga dan game berkat mobage Fate/Grand Order yang sangat besar popularitasnya. Akan tetapi yang namanya hidup, ada juga saat dimana mereka yang tinggi keatas juga menurun. Dan itu ditunjukkan terjadi pada Delight Works, developer dari mobage FGO, yang dikabarkan mengalami penurunan pada profit bulan Julinya tahun ini.

Sesuatu yang terlihat lumayan mengejutkan, karena sang developer mengumumkan kalau keuntungan Delight Works untuk bulan Juli 2020 adalah 1.3 milyar Yen. Angka yang terlihat besar, tapi sebenarnya tidak, karena itu sangat menurun dibandingkan angka profit mereka pada bulan Juli tahun-tahun sebelumnya.

Diperlihatkan kalau profit mereka pada bulan Juli 2019 lalu adalah sebesar 6.9 milyar Yen! Itu membuat penurunannya sampai sebesar 81 persen!! Ditunjukkan kalau itu adalah angka terendah kedua mereka, dengan satu-satunya yang lebih rendah dari itu adalah Juli 2015, yang merupakan bulan saat game Fate/Grand Order benar-benar fresh baru meluncur.

Dari grafik yang dirilis diperlihatkan kalau angka tertinggi ada pada bulan Juli 2018, sebelum ada sedikit penurunan pada tahun 2019, tapi penurunan yang besar dari 2019 ke 2020 terlihat sangat mengejutkan, mengingat popularitas game FGO.

Kemungkinan ini karena pandemik coronavirus yang mempersulit/membatalkan live-event besar tahun ini. Dan mungkin juga karena itu, konten FGO itu sendiri tahun ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Memang ada 5 tahun anniversary dan dirilisnya game sampingan FGO Waltz, tapi story utamanya hampir tak ada kemajuan dan hanya ada sedikit karakter baru yang menarik.

Delight Works sendiri sepertinya sedang sibuk menangani game Sakura Kakumei bersama dengan Sega, yang merupakan mobage seri animanga populer Sakura Taisen yang saat ini masih masa pre-regist. Dan belum lagi banyaknya rival besar bermunculan seperti Arknights, dan Genshin Impact yang terbaru dan sedang sangat sangat booming saat ini.

Netizen Jepang sih sedikit bercanda, mengatakan kalau mungkin ini saatnya FGO melakukan kolaborasi dengan maha karya Type-Moon yang pertama, Tsukihime, yang sejak dulu sudah sangat diharapkan tapi tidak datang-datang juga sampai sekarang.