Media anime dan manga dapat dipakai juga untuk mendidik dan sebagai alat bantu untuk mengajar. Kita sudah melihat bukti hal tersebut baru-baru ini, dengan seorang mahasiswi yang membuat presentasi mengenai astronomi memakai seri animanga macam Saint Seiya dan Sailor Moon. Kali ini ada contoh lain lagi, yang terjadi di negara Jepang langsung. Dimana profesor ini mengajar Konstitusi Jepang pakai film Godzilla.

Dan profesor tersebut bernama Ito Hiroshi, yang mengajar Konstitusi Jepang dan ideologi anti perang di Perguruan Tinggi Wanita Wakayama Shin-ai pada semester ini. Dan tentu, ia sendiri adalah fans Raja Monster tersebut.

Ia mendapat ide untuk memakai Godzilla dalam pengajarannya itu setelah ia menonton film live-action Godzilla terbaru, Shin Godzilla, yang tayang tahun 2016 lalu. Ia melihat film tersebut memiliki kesan yang berlawanan dengan Godzilla klasik.

Dalam cerita movie Shin Godzilla terlihat adanya dorongan dari Amerika untuk memakai bom nuklir untuk menghabisi Godzilla karena perlawanan lain terhadap Godzilla tak ada yang efektif, walau pada akhirnya hal tersebut tak dilakukan. Hal tersebut mengkhawatirkan Ito karena terasa kalau saat ini pesan anti nuklir semakin diremehkan dan tak dianggap sedalam dulu.

Dimana dalam berbagai movie Godzilla jaman dahulu, pesan anti nuklirnya sangat kuat, karena memang monster Godzilla sendiri lahir atau terbangun dan memporak-porandakan bumi dan umat manusia karena efek nuklir.

Penciptaan movie Godzilla sendiri juga dapat dihubungkan dengan pengalaman negara Jepang dalam Perang Dunia II, dimana Prefektur Hiroshima dan Nagasaki menjadi korban bom nuklir yang dijatuhkan Amerika, yang langsung membuat Jepang menyerah.

Timing akan pengajaran tersebut juga cocok dengan keadaan politikus Jepang saat ini, dimana sedang didiskusikan perubahan pada konstitusi negara Jepang. Profesor Ito mengatakan bahwa sangat penting bagi orang-orang untuk tahu terlebih dahulu apa yang ada didalam dan sekitar konstitusi tersebut.

Sang profesor juga ingin para muridnya meneliti perkembangan perubahan masyarakat Jepang yang mengelilingi konstitusi itu melalui seri film franchise Godzilla yang umurnya telah mencapai 60 tahunan.

Ia juga berharap pengajarannya tersebut dengan memakai adegan film Godzilla yang berhubungan dengan perdamaian dan konstitusi, dapat menarik perhatian murid-muridnya agar dapat mendidik mereka akan betapa pentingnya Konstitusi Jepang.

Comments

Loading...