Kemarin muncul kabar sedih bagi penggemar anime sexy, dengan pengumuman kalau studio spesialis sexy dan adult anime Arms Common Sense Corporation, pembuat anime macam Queens Blade dan Ikkitousen, bangkrut. Kali ini ada kabar yang lumayan mirip, walau bedanya bukan berbentuk 2D melainkan 3D, dengan kabar kalau produser sexy anime figure Aquamarine juga mengumumkan kebangkrutannya.

Aquamarine adalah perusahaan pembuat figure anime dan game yang prolific dan telah merilis banyak produk. Mereka suka memproduksi figure yang lumayan ecchi, contohnya figure Ane Naru Mono, tapi ada beberapa juga produk mereka yang lumayan SFW.

Dan balik ke topik utama, sungguh menyedihkan rasanya dengan kemunculan kabar kalau perusahaan tersebut bangkrut, yang dijelaskan kalau penyebabnya adalah dikarenakan situasi yang sedang melanda dunia saat ini, wabah virus corona.

Berbagai hal yang terjadi karena wabah itu menjadi penyebab bangkrutnya Aquamarine, diantaranya adalah masalah pabrik produksi di China, kemudian juga adanya masalah pengiriman barang karena adanya delay atau bahkan barang yang jadi ditahan, dan juga karena pembatalan banyak event animanga dimana penjualan figure banyak terjadi.

Hal-hal tersebut membuat Aquamarine jadi mengumpulkan utang yang begitu besar, yang dikatakan diperkirakan sampai sebesar 465 juta Yen! Dari sekitar 85 kreditor. Dikatakan juga kalau kebangkrutan Aquamarine membuat jumlah kasus kebangkrutan yang dikarenakan wabah virus corona di kota Tokyo mencapai angka 100.

Banyak yang berduka akan kabar ini, dan lebih tragis lagi yang sedang menunggu produk figure baru, yang jadi batal dirilis. Dengan yang sedang lumayan diperbincangkan oleh para netizen Jepang adalah figure Summer BB Tanned, dan ada masih banyak lagi figure Fate/Grand Order buatan Aquamarine lain lagi yang juga kena seperti Oda Nobunaga dan Alter Ego Lambda.

Dan tak hanya itu figure yang terancam batal, dengan contohnya yang telah diberitakan disini adalah figure Kurumi After Date. Selain itu ada juga salah satu figure Uzaki Hana dan juga figure Ryzalin Stout, yang walau tidak diproduksi oleh Aquamarine tapi mereka terlibat dalam proses perilisannya.