Seri Kamen Rider sudah berlangsung begitu lama, melewati dua era Jepang. Dan saat ini seri tersebut bersiap memasuki era Jepang baru dan merayakan akhir era sekarang dengan Kamen Rider era Heisei terakhir, Zi-O. Tapi menurut pembicaraan seorang produser KamenRider, ia takut kalau kedepannya nanti takkan ada seri KR lagi, karena adanya sebuah kesulitan dalam membuat seri tersebut saat ini.

Hal tersebut dikatakan dalam acara screening dari penayangan ulang movie Kamen Rider Faiz yang tayang 2003 lalu, Paradise Lost. Acara tersebut diadakan di Shibuya Toei Theatre pada tanggal 17 Februari kemarin dan menghadirkan dua orang tamu. Handa Kento, pemeran dari protagonis seri tersebut, Inui Takumi sang Kamen Rider Faiz. Dan produser Shirakura Shinichiro.

Setelah movie Paradise Lost tersebut ditayangkan, dibuka sesi tanya jawab dimana Handa dan Shirakura menjawab pertanyaan dan juga memberikan komentar kepada penonton. Dan pada bagian inilah muncul penjelasan dari Shirakura mengenai pembuatan seri Kamen Rider modern.

Shirakura mengatakan kalau setelah Faiz, seri Kamen Rider mulai menambahkan adegan yang bisa terbilang “ekstrim” dan muncul kesulitan karena hal tersebut. Dan kesulitan itu adalah, menemukan lokasi syuting yang bagus, dan ia takut kalau kedepannya nanti melakukan filming seri Kamen Rider di Jepang menjadi sesuatu yang mungkin takkan bisa dilakukan.

Seri Kamen Rider memang suka memakai ulang berbagai lokasi syuting yang sama untuk beragam seri yang berbeda, yang bisa dihubungkan juga dengan sulitnya mendapatkan ijin syuting di kota Jepang seperti Tokyo. Tapi dengan apa yang dikatakan oleh produser Shirakura tersebut, ini jadi sesuatu yang lumayan mengkhawatirkan.

Sedikit trivia yang agak berhubungan pada situasi seri KR tersebut, adalah perpindahan lokasi filming yang dilakukan seri tokusatsu barat Power Rangers. Memang mereka masih memakai cutscene Super Sentai, tapi adegan non-henshin seri itu telah dipindah dari Amerika ke Selandia Baru mulai saat seri itu diakuisisi oleh Disney untuk menghemat biaya pembuatannya.

Tapi entah apakah seri Kamen Rider bisa melakukan hal tersebut sebagai alternatif masalah lokasi syuting mereka. Semoga saja bisa ditemukan solusi yang bagus agar seri Kamen Rider bisa tetap berjalan kedepannya.