Negara Jepang terkenal akan media Anime-nya, itu sudah menjadi hal yang umum. Akan tetapi untuk membuat anime, dibutuhkan animator untuk menganimasikan anime tersebut. Untuk itulah Agensi bagian Kebudayaan dari Pemerintahan Jepang meluncurkan “Young Animator Training Project” sejak tahun 2010, untuk menambah dan melatih para animator Jepang. Anime Tamago, yang sebelumnya bernama Anime Mirai, adalah bagian dari program tersebut.

logotamago

Dalam program Anime Tamago ini, beberapa studio animasi dipilih untuk melatih para animator muda dengan membuat sebuah anime pendek dengan durasi sekitar dua puluh menit, sama dengan durasi satu episode anime pada umumnya. Melalui video promo yang telah dikeluarkan Anime Tamago dalam website dan channel youtube mereka, diperlihatkan preview anime pendek dan nama-nama studio yang berpartisipasi dalam program tersebut.

iromaki[Colorful Ninja Iromaki]
Dianimasikan oleh Signal.MD
Disutradai dan ditulis oleh Kobayashi Kentaro, dengan Sakurai Yoshiki sebagai produser.
Anime ini menceritakan seorang gadis kecil kelas tiga SD bernama Himeno yang pindah rumah untuk tinggal di sebuah rumah besar di pedesaan. Ia kemudian mendapati bahwa rumah tersebut adalah rumah Ninja, yang ditinggali oleh tiga ninja bernama Akamaki, Aomaki, dan Kiiromaki, yang mengira Himeno adalah seorang Tuan Putri. Kehidupan Himeno dengan tiga ninja ini pun dimulai, akan tetapi sebuah bahaya melanda rumah tersebut dengan munculnya angin topan yang berhembus ke arah rumah itu.

 

KACCHI[KACCHIKENEE!]
Dianimasikan oleh Tezuka Production
Disutradai oleh Yoshimura Fumihiro, dengan Shimizu Yoshihiro sebagai produser.
Seorang gadis muda berumur 17 tahun bernama Aiko tinggal dalam sebuah kuil yang memiliki pintu geser yang hanya dilukis setengah. Sewaktu kecil ia bermimpi untuk melukis setengah bagian yang belum selesai dari lukisan tersebut, tapi sekarang mimpi itu telah padam. Tapi tiba-tiba muncul seorang pria misterius yang kasar. Kakek Aiko menawarkan pria tersebut untuk tinggal sementara dalam kuil itu walaupun Aiko tidak menyetujuinya. Tapi perlahan kebaikan pemuda itu mengubah hati Aiko, tapi siapakah pemuda itu?

 

Matasaburo[Kaze no Matasaburo]
Dianimasikan oleh Buemon
Disutradai oleh Yamada Yuki, dengan Takayama Kiyohiko sebagai produser.
Seorang gadis pindah dari kota besar ke pedesaan karena mengikuti pekerjaan ayahnya, tapi ia tidak menyukai hidupnya dalam pedesaan itu. Teman-teman di sekolahnya menjauhinya, ia menyukai seorang anak laki-laki tapi ia terlalu khawatir dan takut untuk mendekatinya. Ia rindu dan ingin kembali hidup di kota, tapi kemudian ia bertemu dengan seorang Dewa Angin.

 

UTOP!A[UTOPA]
Dianimasikan oleh Studio 4°C
Disutradai oleh Tanaka Takahiro yang juga mendesain karakternya, dengan Ogiwara Tomoko sebagai produser.
Ratusan tahun setelah abad 20, Bumi telah rusak parah karena nuklir. Alam dan ekosistem sebagian besar telah musnah. Manusia kemudian membangun kota di atas langit dan memigrasikan berbagai flora dan fauna langka ke kota tersebut. Dengan penggabungan genetik artifisial, hewan dalam kota yang terisolasi itu berevolusi, mereka menjadi seperti manusia, dan membentuk peradaban mereka sendiri, dan dunia di bawah kota langit pun terlupakan. Akan tetapi satu hari sebuah benih dari dunia bawah sampai ke kota atas dan ditemukan oleh tiga anak kota itu, Kui, Hiruma, Ruuto. Rasa ingin tahu membuat mereka pergi turun untuk melihat lebih ke dunia bawah, tanpa diketahui mereka bahwa setelah mereka sampai bawah, mereka takkan bisa kembali lagi.

Studio animasi tersebut memiliki batas waktu sampai bulan Maret untuk menyelesaikan projek animasi mereka tersebut, dan karya animasi pendek ini akan ditayangkan dalam kurun waktu tahun 2016 ini.