Preview album The GazettE DOGMA dirilis, and It’s AMAZING!!!

Setelah perilisan sebuah teaser single OMINOUS, ternyata the GazettE juga mengiming-imingi fans dengan sebuah preview album DOGMA. Dan kemarin mereka baru saja merilis sebuah video berdurasi tiga menit yang berisi penggalan track-track yang akan menghiasi album terbaru mereka ini. Tentu saja ini membuat fans semakin Excited dengan album yang digadang-gadang akan menjadi salah satu album terbaik the GazettE ini. Jadi, apa kalian sudah melihat preview nya? lalu bagaimana menurut kalian? Kita review aja langsung ya, seperti biasa ini akan menjadi review khas ala Akiba Nation.

First glance at this review, as expected ini memang album yang membawa kesan Dark and Gritty, sebelumnya dengan perilisan beberapa teaser plus sebuah single OMINOUS banyak yang membandingkan DOGMA dengan album DIM. Namun setelah melihat preview ini seketika kita akan berpikiran bahwa album ini akan melampaui DIM. Beberapa hal yang bisa di notice ialah, dari segi tekhnis mungkin kualitas sound mereka yang lebih bagus, evolusi sound memang sudah terasa di beberapa album terakhir the GazettE, dan di album ini, High Quality sound benar-benar terasa. Terlepas dari itu, konten di album ini meskipun hanya penggalan beberapa detik dari tiap track, namun kita bisa merasakan beberapa poin yang memberikan clue terhadap track tersebut.

Kita masih akan tetap mendengar progresi chord familiar ala the GazettE, dan range nada yang juga hampir sama, dengan tuning pada gitar yang berkisaran pada Drop C maupun Drop B. Namun album ini mempunyai sesuatu hal yang lebih untuk ditawarkan, poin-poin yang bisa disebutkan adalah twisted Breakdown, meskipun tidak sepenuhnya sebuah breakdown, namun Heavy part yang ada di album ini tak akan absen untuk membuat kita mesmerize, dan ikut menganggukan kepala kita. Dan yang dihighlight pada cuplikan di preview ini merupakan breakdown yang mengkombinasikan part yang slow, atau puzzling, mungkin sebagai contoh seperti pada cuplikan track DOGMA atau BIZARRE. Dan tentu saja riff-riffnya juga sangat ear catchy.

Preview DOGMA 4

Preview DOGMA

Selain itu kita tidak bisa memungkiri untuk tidak mebahas RUKI, salah satu ujung tombak sebagai identitas the GazettE adalah peforma RUKI. Beberapa poin yang bisa diambil dari preview album ini adalah, RUKI improvement in English, atau kadang bisa juga diplesetkan menjadi Engrish, haha, bahasa Inggris RUKI terdengar semakin baik, entah ini karena kita juga langsung bisa melihat lyric apa yang ia nyanyikan juga? tapi memang terasa sih, pronunciation RUKI semakin membaik. Daaan hal yang paling membuat excited terhadap album ini ialah High Quality Growl dari RUKI, di cuplikan ini banyak yang diperdengarkan, RUKI secara konsisten dan jelas melakukan Growl. pemilihan Growl ketimbang High pitch Scream memang sudah sangat jelas untuk menambah kesan Dark dan Heavy, tapi entah kenapa growl-growl dari RUKI kali ini benar-benar sangat mengena, ini sensasi yang sama seperti saat kita mendengar Filth in the beauty, tapi di album ini Growl itu terdengar lebih baik dan tentu saja akan semakin banyak.

Preview DOGMA 5

Itulah kira-kira yang bisa kita bayangkan dari sebuah Preview album DOGMA ini, tentu saja kita baru bisa melihat bagaimana bagusnya album ini setelah benar-benar dirilis pada 26 Agustus nanti. Poin yang mungkin bisa kita prediksi adalah album ini akan menyajikan kesan Dark, Gritty, dengan Twisted Breakdown dan High Quality Growl dari RUKI, album ini juga mungkin akan menjadi one of the Heaviest album By the GazettE. Kita tentu saja sudah tidak sabar untuk mendengarkannya. Beberapa track yang mungkin sangat ingin saya dengarkan pribadi adalah RAGE, DERACINE, BIZARRE, dan BLEMISH. Namun tetap seluruh track di Album ini layak untuk dicoba satu persatu (mungkin saat album ini rilis seperti biasa akan ada sebuah review, dan akan saya usahakan untuk Track by Track Review jadi tunggu saja semoga terlaksana).

Eits dan mungkin info tambahan preview ini juga dibuat sendiri oleh para personil the GazettE, seperti dilansir pada akun Facebook mereka, status nya seperti berikut

“Listen to the Aug.26 New Release album「DOGMA」.
Sample viewing for all contents are out now!!

Also check out the valuable music video which self produced by band member.
8th Album『DOGMA』sample viewing”

mungkin ini menandakan bahwa kali ini the GazettE memang lebih bebas dalam mendirect konten mereka, dan keterlibatan mereka di YouTube lalu merilis beberapa teaser, dan Music Video yang sebelum-sebeumnya belum pernah mereka lakukan, mungkin menjadi tanda bahwa pihak management mengurangi restriction nya. Ini hanya sekedar spekulasi, namun ada kaitanya dengan album DOGMA, yang kabarnya juga merupakan ekspresi para member setelah lepas dari dogma atau malah ingin membuat dogma baru?. Ada kutipannya pada bulan maret lalu saat mereka mereveal bahwa akan merilis album baru yang kurang lebih berbunyi seperti ini “13 tahun telah berlalu sejak GazettE terbentuk. Album kedelapan ini lahir dari perjuangan band yang mencoba untuk bermetamorfosis. Ini adalah awal dari segala sesuatu yang ternoda oleh kegelapan dan dogma.

well, seperti itulah memang band yang satu ini, saalah satu band yang secara konsisten memunculkan karya-karya yang menarik, dengan tema gelap-gelapan, juga tidak absen menghadirkan simbol-simbol serta lirik yang sarat akan makna.

Lalu bagaimana dengan kalian? apa pendapat kalian tentang preview album ini? Apa kalian juga benar-benar excited? atau sebaliknya? feel free to leave your thoughts at the comment section.

Preview DOGMA 1

Preview DOGMA 2