Beberapa minggu lalu kita melihat trailer pertama dari film Hollywood Detective Pikachu yang memperlihatkan para Pokemon dalam bentuk live-action. Walau mendapatkan respon yang mix, tetap terasa menarik melihat para Pokemon dengan bentuk layaknya hewan asli dari dunia nyata ini. Sementara itu di dunia nyata, tepatnya di Benua Australia, beberapa hari lalu ditemukan adanya hewan yang bisa dijadikan Pikachu asli.

Hewan tersebut, sebenarnya adalah Posum, atau kadang bisa juga dibilang Cuscus atau Glider. Posum adalah spesies marsupial atau hewan berkantung, sejenis dengan Koala dan Kangguru. Hewan tersebut asli tinggal di Australia, Papua Nugini, dan di Pulau Sulawesi.

Normal Possum

Posum memiliki warna tubuh yang gelap, kadang abu-abu atau kecoklatan, tapi tidak untuk posum yang baru ditemukan di Australia ini. Spesifiknya, posum ini adalah jenis Posum Ekor Sikat betina yang berumur sekitar lima bulanan, dan ia terkena mutasi genetik yang membuat tubuhnya memiliki kadar melanin yang rendah.

Hal tersebut membuat warna bulu tubuhnya bukannya gelap tapi terang, malah jadi berwarna jingga keemasan. Dan karena warna itu dan juga telinganya yang panjang besar, posum ini pada akhirnya diberi nama, Pikachu. Nama yang begitu cocok melihat bentuk tubuhnya, walau tak ada warna merah pada pipinya dan ekornya tidak berbentuk petir dan ia tak dapat mengeluarkan listrik 😀

Tapi sayangnya Pikachu memiliki kisah yang lumayan sedih. Sebelum diselamatkan ia ditemukan saat masih kecil ditanah tanpa orang tua, kemungkinan karena ia terjatuh dari pohon saat digendong oleh ibunya.

Dan yang sedih lagi adalah bahkan setelah ia tumbuh dewasa ia juga belum tentu bisa dilepas ke alam liar. Posum hidup nocturnal alias aktif dimalam hari, dan warna Pikachu yang terang membuatnya jadi mudah terlihat oleh predator nocturnal seperti burung hantu, yang dapat dengan mudah melacak, memburu, dan memakannya jika ia dilepas.

Pikachu dikatakan bukanlah satu-satunya posum mutasi emas yang ada, tapi karena masalah yang telah disebutkan itu banyak yang tak hidup lama dialam liar. Semoga Pikachu tak berakhir tragis ya, kacian melihat keimutannya..

Comments