Negara Jepang sudah terkenal kreatif dalam hal marketing dan mempromosikan sesuatu. Kita sudah melihat salah satu contohnya dengan dipakainya “Donald Trump” dan “Kim Jong Un” dalam iklan sebuah gadget. Tapi ternyata negara tetangga mereka, China, juga bisa kreatif dalam hal marketing. Contohnya baru-baru ini, dikabarkan kalau sebuah pabrik popok di China pakai nama Putri Jepang Kako jadi merk popok!

Pabrik popok China tersebut terletak di Kota Quanzhou di Provinsi Fujian. Mereka telah mengklaim trademark untuk nama Putri Kako dan Princess. Dikatakan kalau hal ini karena Jepang sedang mengalami Princess Kako Fever, yang menyebar juga sampai ke China.

Unik, tapi bukan berarti ini sesuatu yang bagus. Memang sih Jepang tak asing akan pemakaian hal-hal yang “kotor” seperti kentut. Tapi memakai nama seseorang yang duduk dalam posisi setinggi itu untuk jadi nama produk seperti Popok, tetap terasa seperti sesuatu yang tak pantas.

Dan itu terbukti dari komen-komen yang muncul dari para netizen Jepang. Ada yang mengatakan kalau ini seperti mengajak perang, dan ada juga yang mengatakan ini terasa seperti penghinaan, dan ada juga yang bercanda mengatakan untuk membuat popok politikus Xi Jinping.

Dan mengingat negara Jepang dan China juga memiliki hubungan yang ruwet, wajar saja bisa muncul prasangka kalau China melakukan ini untuk mengejek negara Jepang. Tapi benarkan itu alasannya? Website berita News Post Seven mempertanyakan hal ini kepada pabrik popok tersebut, dan mereka menjawabnya.

Mereka mengkonfirmasi kalau Ya, mereka mendapatkan trademark nama tersebut pada produk popok baru mereka, dan mereka berencana untuk menjual popok anak-anak ini sebentar lagi. Dan mereka tidak bermaksud untuk menghina Keluarga Kerajaan Jepang.

Mereka meregistrasi trademark kata Princess dan Putri Kako karena Anak adalah bagaikan Putri atau Pangeran bagi orang tua mereka. Negara Jepang juga memiliki image yang positif karena keamanannya dan kualitasnya yang tinggi.

Karena itu pabrik tersebut berpikir kalau nama Putri Kako adalah nama yang sangat cocok dengan produk tersebut. Memang betul juga sih, apalagi negara Jepang sendiri telah dinobatkan sebagai negara yang paling aman bagi bayi untuk dilahirkan, dan overall memang memiliki reputasi yang bagus akan produk-produknya.