POPCON Asia 2016 telah berhasil merevolusi semangat kreatif anak bangsa pada 12-14 Agustus 2016 lalu. Terbukti dengan banyaknya konten yang disuguhkan mulai dari animasi, komik, games, dan sebagainya. Hal ini pun disambut antusias oleh para penggemar perhelatan pop-art. Dalam 3 hari pengunjung tidak henti-hentinya berdatangan.

10

5

POPCON Asia 2016 Day 1 diawali dengan penampilan dari Spica. Sore harinya semakin ramai dengan acara Meet & Greet dari Webtoon. Mereka membawakan salah satu bintang Webtoon, Park Tae Jun, kreator di Lookism. Acara di hari pertama ditutup dengan acara penghargaan KOSASIH Award.

6

Pada hari kedua, pengunjung disuguhkan dengan penampilan live drawing dari salah satu creator dan juga youtuber terkenal dari Amerika, Rossdrawer (baca juga https://www.akibanation.com/rosstran-perjalanan-passion-menggambar-yang-tak-pernah-berhenti/) yang menampilkan keajaibannya dalam mengubah foto menjadi sebuah mahakarya yang indah. Tidak lupa acara perlombaan Costreet juga diselenggarakan. POPCON Asia 2016 memecahkan rekor dengan jumlah peserta costreet sebanyak 169. Tidak lupa malamnya pengunjung disuguhkan dengan performance dari Re:ON yang membawakan lagu hits-nya “Sahabat”.

6

Pada puncak acara, POPCON diisi dengan perdana film Animasi Juki The Movie dan film Firegate sebuah film menceritakan tentang misteri dibalik gunung Padang yang ternyata merupakan sebuah arkeologi piramid yang meramaikan acara dan pelaksanaan kompetisi POPCON Cosplay Competition sebagai acara puncak ajang bergengsi ini. Para peserta mendapat tantangan untuk mengcosplay-kan karakter kartun/komik Indonesia.

7

Selain acara di main stage, ada juga master class dari para master art ternama seperti, Stanley Lau, Ross Tran, dan Luis. Ada juga sarana dari BEKRAF yang memberi pelayanan konsultasi mengenai pembuatan HAKI bagi para kreator-kreator di Indonesia. Serta sarana portofolio review untuk mempertemukan perusahaan-perusahaan dengan para talenta-talenta di bidang seni. Lalu juga ada Live gaffity dari Artime Joe dari Korea dan Daddy Wacko dari Indonesia. Selain itu adapula sarana untuk bermain Board Game, salah satunya adalah Laga Jakarta.

8

Banyak juga perlombaan yang diselenggarakan seperti lomba live draw, Lomba Face Painting, dan lomba Selfie dengan karakter-karakter icon Polytron. Tak lupa acara ini juga diramaikan dengan sign session & meet and greet dengan Park Tae Jun yang selalu ramai oleh para fansnya dan Artime Joe serta Dady Wacko.