Game Pokemon telah menjadi salah satu seri yang paling dikenal saat ini, dengan bahkan mereka yang bukan fans dan gamer bisa tahu namanya. Dan itu lumayan wajar dengan banyaknya game dan anime dan beragam produk berdasarkan seri tersebut. Tapi meskipun begitu, ada satu hal yang mungkin tak begitu diketahui atau bisa agak membingungkan jawabannya. Bisa tebak siapa creator game Pokemon?

Mungkin akan ada yang jawab Tajiri Satoshi, yang bisa dimaklumi karena memang ia yang menanam benihnya dan menciptakan Pokemon itu sendiri. Tapi yang dimaksud adalah siapa yang menangani pembuatan game Pokemon? Nah kalau itu mungkin bisa banyak yang menjawab, Nintendo. Tapi! Sebenarnya ternyata tidak begitu juga.

Walau game mainline Pokemon dirilis di konsol Nintendo, bukan mereka yang membuatnya. Dan itu memang jawaban yang sering ditemui Masuda Junichi. Bagi yang belum kenal, Masuda adalah game programmer yang terlibat dalam game Pokemon. Dan itu membuat banyak yang menyangka kalau ia staff perusahaan Nintendo, bahkan kampung halamannya juga berpikir demikian.

Ia baru-baru ini menceritakan dari 200 orang yang ia tanya siapa pembuat Pokemon, hampir 100% mengatakan Nintendo. Ia memperjelas kalau yang membuat game Pokemon adalah perusahaan Game Freak tempat Masuda bekerja.

Kekeliruan tersebut agak wajar, memang jawaban akan kepemilikan brand Pokemon perlu ada sedikit penjelasan, karena brand besar itu melibatkan beberapa nama, yang masing-masing memiliki peran tersendiri.

Selain Game Freak yang berperan membuat game Pokemon, dan Nintendo yang berperan mendistribusikan game itu dan menerbitkannya diluar Jepang, ada dua nama lagi. Yaitu Creatures Inc dan Pokemon Company. Keempat nama itu juga muncul dalam list hak cipta game Pokemon.

Untuk peran dua nama lainnya itu, Creatures Inc adalah yang menangani produk mainan seperti boneka, dan utamanya lagi yang menangani Pokemon Trading Card Game. Dan Pokemon Company adalah yang menerbitkan game Pokemon dalam Jepang dan menangani hal-hal lain lagi, contohnya terlibat dalam pembuatan film Detective Pikachu dengan jadi narasumbernya.