Jepang memiliki industri gaming yang besar dan begitu diseriusi, tak hanya dalam hal mengembangkan game tapi juga dalam hal mendagangkan game, bahkan bisa tak segan mengambil jalur hukum dan melibatkan kepolisian. Contoh yang baru akan hal itu adalah dengan berita kalau kemarin-kemarin ada seorang pria Jepang yang ditangkap oleh polisi karena pria tersebut menjual konsol PS3 Jailbreak.

Pria tersebut bernama Abe Tadaaki, seorang pria berumur 40 tahunan yang ditangkap oleh polisi di Kagawa. Alasan penangkapannya yang lebih detail adalah karena tuduhan kalau ia melakukan jailbreak konsol Playstation 3, yang kemudian dijual lagi olehnya sebesar 15.555 Yen kepada seorang pria yang tak diberi nama tapi dikatakan ia adalah pria Tokyo berumur sekitar 40 tahunan.

Konsol Playstation 3 tersebut dijual tahun lalu melalui website lelang Jepang. Dan dikatakan kalau Playstation 3 tersebut diberikan modding oleh Abe, yang membuat konsol itu dapat mengkopi data dari disk game, yang membuat konsol tersebut jadi dapat memainkan game PS3 tanpa perlu memasukkan disk kedalamnya.

Saat penangkapan ditemukan juga kalau Abe memiliki sampai 40 konsol Playstation 3 di tempat tinggalnya, tapi pihak polisi belum mengkonfirmasi apakah puluhan konsol itu juga sudah diberi modding olehnya. Abe yang seorang pekerja paruh waktu mengatakan kalau ia menjual konsol itu demi mendapatkan uang.

Tindakan Abe tersebut tak hanya melanggar hukum hak cipta negara Jepang, tapi juga melanggar hukum pencegahan persaingan tak adil di Jepang yang melindungi hal perusahaan dalam menjual produk mereka.

Penangkapan macam ini sudah beberapa kali terjadi di Jepang. Contohnya akhir tahun lalu ada penangkapan seorang pria bernama Miyamoto yang melakukan modding pada konsol Super Famicom Mini dengan menambahkan game-game lagi dalam konsol itu dan menjualnya.

Belum lagi sudah ada juga hukum mengenai larangan melakukan modding dan mengedit save dari game, dan bulan Juli lalu telah menangkap pelanggar pertamanya. Seorang pria pekerja kantoran dari Prefektur Niigata ditangkap oleh polisi karena menjual game Pokemon konsol 3DS yang telah diedit olehnya dan dijual sebesar 10.000 Yen.