Negara Jepang memang surga bagi fans animanga dan para gamer, tapi mereka bisa sangat ketat dalam hal tersebut. Mulai dari memblok website mangascan, meminta Youtube membantu mereka memburu video mangascanner, sampai menegakkan hukum anti cheat dan modding. Dan bicara soal yang terakhir itu, baru-baru ini muncul kabar kalau polisi telah menangkap seorang pria yang menjual modded Pokemon game.

Menurut Yomiuri Shinbun, diberitakan kalau pada bulan Maret polisi menangkap seorang pria berumur 30 tahunan dari Niigata. Nama pria itu tak disebutkan tapi dari orang dekat dikatakan kalau ia adalah seorang pekerja kantoran.

Dan alasan penangkapannya, adalah karena ia menawarkan jasa melakukan modding game Pokemon untuk konsol Nintendo 3DS dan kemudian menjual ulang game tersebut. Dikatakan kalau pria itu menjual ulang game Pokemon 3DS tersebut dengan harga sekitar 10.000 Yen.

Untuk proses kerjanya, dijelaskan kalau pria tersebut extract data dari sebuah game Pokemon seken dan memodifikasikannya memakai alat modif data yang dijual dari toko peralatan game di Tokyo. Dan setelah itu memakai data tersebut untuk melakukan overwrite data game lain, dan kemudian dijual secara online.

Dikatakan pada saat penangkapannya, pria tersebut telah mengakui perbuatannya. Ia mengatakan kalau ia tak dapat berhenti melakukan hal tersebut karena penjualannya itu membawakan uang kepadanya. Pada akhirnya, pria tersebut kena denda sebesar 300.000 Yen, dan toko peralatan game tempat alat modifnya dijual itu juga mulai diselidiki oleh polisi pada bulan Juni kemarin.

Kasus ini adalah penangkapan pelaku kejahatan modding yang pertama kalinya sejak hukum anti modding dan cheat mendapatkan revisi dan diumumkan pada akhir tahun 2018 kemarin oleh Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Indutri Jepang.

Revisi hukum tersebut memperluas definisi apa yang termasuk unfair competition atau kompetisi yang tak adil, dengan tujuan untuk melindungi konten game, yang kini termasuk menyebarkan alat atau program yang dapat memodifikasi save data game atau konsol game, misalkan menjual programnya dari website lelang online atau menawarkan jasa mod.